Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Faktor Yang Berkorelasi Dengan Konsumsi Kopi Wulan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso

Kunti Rachma Aulia, Luh Putu Suciati

Abstract


Kopi Robusta banyak dinikmati oleh masyarakat. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu sentra kopi di Jawa Timur. Kecamatan Maesan daerah penghasil kopi kedua di Bondowoso. Kopi Wulan merupakan produk dari Kecamatan Maesan Bondowoso yang memiliki potensi untuk dikembangkan, ditinjau dari segi agrokilmat wilayahnya namun belum memiliki pasar yang luas. Petani Kopi Wulan juga telah mendapatkan pembinaan terkait pengelolaan pasca panen kopi petik merah dan teknik pasca panen dan pengolahan kopi semi wash. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui tingkat  kepuasan konsumen, 2) mengetahui tingkat kepentingan atribut, dan 3) mengetahui faktor-faktor sosial ekonomi yang berkorelasi dengan tingkat kepuasan konsumen terhadap Kopi Wulan. Lokasi penelitian di Jawa Timur. Penentuan responden menggunakan quota sampling 40 responden. Analisis data menggunakan CSI (Customers Satisfaction Index), IPA (Importance Performance Analysis), dan Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis diperoleh tingkat kepuasan konsumen sebesar 83,97% (sangat memuaskan). Atribut aksesibilitas dan promosi pada kuadran I (perlu diprioritaskan). Atribut pada kuadran II yaitu cita rasa, higienitas, dan kemasan. Kuadran III yaitu aftertaste dan kesesuaian harga. Kuadran IV atribut aroma. Variabel yang berkorelasi dengan kepuasan konsumen adalah jenis kelamin (X1) dan pendapatan (X4). Sedangkan usia (X2), pendidikan (X3), pekerjaan (X5), dan lokasi (X6) tidak berkorelasi dengan kepuasan konsumen.


Keywords


Kopi Wulan, Tingkat Kepuasan Konsumen, Tingkat Kepentingan Atribut, Faktor Sosial Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Chaniago, M. B., A. Purno, dan W. Wibowo. 2017. Penentunan Kualitas Tektur Biji Kopi Jenis Arabica Menggunakan Teknik Computer Vision. 37–42.

Hafedz As’ad, J. M. M. A. 2020. Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern Di Bondowoso. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 13(2):182–199.

Outlook Kopi. 2020. Journal of Chemical Information And Modeling. 01(01):1689–1699.

Permatasari, P. C., A. Basith, Dan H. Mulyati. 2018. Model Bisnis Inklusif Rantai Nilai Kopi Arabika Di Bondowoso Jawa Timur. Jurnal Manajemen Teknologi. 17(2):111–125.

Setiorini. 2004. Hubungan Gaya Kepemimpinan dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi (DAOP) IX Jember. Skripsi. Jember: Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Sumarwan U., Ahmad J., Asep M., Bagio N. K., Ponti K. M., W. N. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.