Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Mengikuti Program Asuransi Usaha Tani Padi di Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan

Purwadi Purwadi, Amruzi Minha, Lifianthi Lifianthi

Abstract


Sektor pertanian memiliki risiko ketidakpastian yang cukup tinggi, meliputi tingkat kegagalan panen akibat perubahan iklim yang ekstrim, serangan hama dan penyakit tanaman, banjir, kekeringan serta ketidakpastian harga yang merugikan petani. Untuk mengurangi risiko gagal panen yang dihadapi petani khususnya petani Padi, pemerintah menjalankan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani mengikuti program AUTP di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Data yang dikumpulkan diolah secara tabulasi dan dianalisis menggunakan sofware SPSS 21.0 (Statistical Package for Social Science) dengan persamaan regresi logistik biner. Hasilnya, keputusan petani mengikuti AUTP mampu dijelaskan sebesar 50,2 % oleh faktor umur, pengalaman berusahatani, luas lahan usahatani, pendapatan, pendidikan dan persepsi petani terhdap AUTP. Sisanya, 49,8 % keputusan petani mengikuti program AUTP dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Faktor umur, pengalaman berusahatani, dan persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan petani mengikuti program AUTP. Sedangkan faktor luas lahan usahatani, pendapatan dan pendidikan berpengaruh tidak signifikan. Kemudian, faktor pengalaman berusahatani, pendapatan dan persepsi berpengaruh secara positif terhadap keputusan petani mengikuti program AUTP. Sedangkan, faktor umur, luas lahan usahatani dan pendidikan berpengaruh secara negatif.

 


Keywords


Keputusan, Petani, Asuransi Usaha Tani Padi

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Bina Aksara. Jogjakarta.

Andrayani, Dian. 2013. Asuransi Pertanian Sebagai Sarana Meningkatkan Kesejahteraan Petani (Analisis Simulasi pada PT. Saung Mirwan dan Mitra Taninya di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor). Departemen Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam Angka.

Badan Pusat Statistik. 2019. Sumatera Selatan dalam Angka.

Badan Pusat Statistik. 2018. Sumatera Selatan dalam Angka.www.bpssumsel.go.id

Mega Mustika, Anna Fariyanti, Neti Tinaprillah. 2019. Analisis Sikap dan Kepuasan Petani Terhadap Atribut Asuransi Usahatani Padi di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Forum Agribisnis (Vol 9 No 2: 200-214, September 2019).

Novia Ambar Sari, 2019. Alokasi Waktu Wanita Pekerja dan Bukan Pekerja Dikaitkan dengan Proses Pengambilan Keputusan Dalam Rumah Tangga Petani Kelapa Sawit di Kabupaten Banyuasin. Tesis Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Resti Aprelesia, Rahmat Syahni, Lora Triana. 2019. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Menjadi Peserta Asuransi Usahatani Padi di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Journal of Socio Economic on Trofical Agriculture, (Volume 1 No 3: 67-74, 2019).

Sriati, MS. 2012. Metode Penelitian Sosial. Universitas Sriwijaya Palembang.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.