Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ternak Sapi Potong Di Pasar Tanah Merah

Authors

  • Lutfiyah lutfiyah Trunojoyo University
  • Andrie Kisroh Sunyigono

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.24

Keywords:

Permintaan, Ternak Sapi Potong, Pendapatan, Karakteristik Pasar

Abstract

Ternak sapi potong adalah salah satu sumber bahan pangan yang dipelihara untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging.  Hasil perhitungan Neraca Bahan Makanan (NBM) sejak tahun 1990 hingga 2014, konsumsi daging sapi cenderung meningkat. Sentra populasi sapi potong terbesar terletak di Jawa Timur dengan kontribusi 29,47% dimana didalamnya terdapat empat kabupaten di pulau Madura.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasardan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ternak sapi potong di Pasar Tanah Merah Bangkalan.  Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan analisis struktur pasar yang meliputi pangsa pasar (market share), konsentrasi rasio (CR4) dan IHH (Indeks Hirschman Herfindahl), diferensiasi produk, hambatan masuk pasar dan tingkat pengetahuan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pasar ternak sapi potong bersifat pasar persaingan sempurna dan memilki ciri antara lain; Terdapat banyak penjual dan pembeli, penjual adalah price taker, tidak ada campur tangan pemerintah dalam pembentukan harga, mudah masuk pasar, barang yang diperjual belikan homogen, dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar. hasil uji F diperoleh simpulan bahwa secara simultan harga ternak sapi potong (X1), pendapatan (X2),  jumlah tanggungan keluarga (X3), dan umur (X4),  berpengaruh siginifikan terhadap jumlah permintaan ternak sapi potong (Y).  Sedangkan dari uji T diperoleh bahwa secara parsial variabel pendapatan (X2) berpengaruh siginifikan terhadap jumlah permintaan ternak sapi potong (Y) di Pasar Tanah Merah Bangkalan.

References

Aji, M. , Yuli Hariyati. , dan Imaniar Agustina. 2012. Prospek Pengembangan Program Kemitraan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Benih Buncis pada Progam Kemitraan (Contractfarming) PT Benih Citra Asia. Jurnal Agriekonomika. Vol. 1 No. 2: 117-128.

Abidin, Z. , Nuddin Harahab. , dan Lina Asmarawati. 2017. Pemasaran Hasil Perikanan. Universitas Brawijaya Press. Malang.

Amelia, P. , Pusrnomo, H. , dan Sudiyono. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Kampung di Pasar Tradisional Kota Surakarta. Jurnal Sains Peternakan. Vol. 16 No. 1: 23-29.

Anindita, R. , Baladina, N. 2017. Pemasaran Produk Pertanian. ANDI OFEST. Yogyakarta.

Arisena, K. 2009. Struktur dan Perilaku Pasar Komoditas Cengkeh di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. SwaraGanec. Vol. 3 No. 2: 39-46.

Ayele, S. , Lemma Zemedu. , dan Berhanu Gebremdhin. 2017. Analysis of Market Structure, Conduct and Performance of Beef Cattle: The Case of Dugda District, East Shoa Zone, Oromia Regional State, Ethiopia. Journal of Biology, Agriculture and Healthcare. Vol. 7 No. 5: 5-11.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan. 2016. Kecamatan Tanah Merah dalam Angka. BPS Kabupaten Bangkalan.

Baladina, N. 2012. Analisis Struktur, Perilaku, Dan Penampilan Pasar Wortel di Sub Terminal Agrobisnis (Sta) Mantung (Kasus Pada Sentra Produksi Wortel di Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). Jurnal AGRISE. Vol. 12 No. 2: 91-104.

Chinda, D. , Umaru, S. , A, Jongur. , dan Girei A. Abana. 2015. Analysis of Factors Affecting Meat Demand in Michika Local Government Area of Adamawa State Nigeria. Journal Of Plant & Agriculture Research. Vol. 1 No. 1: 1-6.

Dharmastuti, D. , Suprapti S. , dan Wiwit Rahayu. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi di Kota Surakarta. Jurnal Agrista. Vol. 4 No. 3: 94-103.

Dodo, F. , dan Saifullahi Umar. 2015. Analysis Of Structure, Conduct and Performance Of Beef Marketing In Katsina, Katsina State. Global Educational Research Journal. Vol. 3 No. 11: 370-375.

Endang, A. 2015. Praktik Internasionalisasi Media Berita Satu Media Holdings. Jurnal Profesional FIS UNIVED. Vol. 1 No. 1: 53-67.

Fatmawati. , Rostin. , dan Jamal Nasir. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi di Indonesia. Jurnal Ekonomi. Vol. 1 No. 1: 128-134.

Firmansyah, H. , Bernadette Robiani. , dan Mukhlis. 2015. Pengaruh Konsentrasi Industri Terhadap EfisiensiIndustri Kecap di Indonesia(Isic 15493). Jurnal Ekonomi Pembangunan. vol. 13 No. 1: 53 – 59.

Fitriani, T. , Elfiana, N. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Tahu di Gampong Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Konsumen Tahu Pada Agroindustri Bapak Ari Gunawan). Jurnal S. Pertanian. Vol. 1 No. 1: 88-96.

Hanafi, I. , Edmon Daris. , dan Siti Rochaeni. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Tempe di Kelurahan Jurangmangu Timur Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Agribisnis. Vol. 8 No. 1: 45-58.

Hapsari, P. , Sutrisno, J. , dan Susi W. Ani. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Beras di Kabupaten Wonogiri. AGRISTA. Vol. 3 No. 3: 360-370.

Indrawati, T. , dan Indri Yovita. 2014. Analisis Sumber Modal Pedagang Pasar Tradisional di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Vol. 22 No. 1: 1-8.

Mankiw, G. N. 2003. Pengantar Ekonomi: Edisi Kedua Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Maulidah, S. 2010. Struktur Pasar Minyak Kayu Putih (Melaleuca Leucadendron Oil) di Kecamatan Namlea Kabupaten Buru, Maluku. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 5 No. 1: 9-13.

Mu’azu, U. A. , Zainalabidin Mohamed. , Mad N. Shamsudin. Dan Ismail A. Latif. 2013. Structure, Conduct and Performance of the Malaysian Poultry Industry. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, Vol. 7 No. 8: 170-177.

Munarka, H. , Samsul B. , dan Askar. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi Potong di Kota Polopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 2 No. 1: 8-15.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2015. Outlook Komoditas Sub Sektor Peternakan: Daging Sapi. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian.

Putong, I. 2013. Economics: Pengantar Mikro dan Makro. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Rahmanta. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kedelai di Provinsi Sumatera Utara. QE Journal. Vol. 4 No. 1: 2-12.

Rosyidi, M. , Kusnandar. , dan Marwanti, S. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Semangka di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. AGRISTA. Vol. 4 No. 3: 13-23.

Rukmana, R. 2015. Wirausaha Penggemukan Ternak Sapi Potong. Lily Publisher. Yogyakarta.

Rusdi, D. , dan Made Suparta. 2016. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1 No. 2: 283-300.

Sahepty, 2013. Diferensiasi Produk, Strategik, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1. No. 3: 411-420.

Sanusi, A. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Salemba Barat. Jakarta.

Setiawan, E. , dan Teti Sugiarti. 2016. Daya Saing dan Faktor Penentu Ekspor Kopi Indonesia Ke Malaysia dalam Skema CEPT AFTA. Jurnal Agriekonomika. Vol. 5 No. 2: 212-220.

Sukirno, S. 2013. Mikro Ekonomi: Teori Pengantar Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sukirno, S. 2010. Mikro Ekonomi: Teori Pengantar Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

----------, 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi ketiga. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Supranto, J. 2005. Ekonometri: Buku Kesatu. Ghalia Indonesia. Bogor.

Suryana, 2009. Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Berorientasi Agribisnis dengan Pola Kemitraan. Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 28 No. 1: 29-37.

Yuliawati, L. 2017. Analisis Struktur, Perilaku Dan Kinerja Industri Makanan dan Minuman di Indonesia. Jurnal Ecodemica. Vol. 1. No. 2: 266 – 273.

Yuzaria, D. 2017. Market Structure of Beef Cattle Business In PayakumbuhWest Sumatera. Journal of Advanced Agricultural Technologies. Vol. 4 No. 4: 324-330.

Downloads

Published

2022-10-28

Issue

Section

Articles