Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kerajinan Bambu Dan Rotan Di Kabupaten Sambas

Olivia Syafa Husna, Dewi Kurniati, Josua Parulian Hutajulu

Abstract


Kerajinan dari bambu dan rotan adalah produk andalan daerah Desa Parit Raja Kecamatan Sejangkung. Aksesibilitas bahan mentah adalah salah satu alasan spesialisasi kerajinan tangan masih berlangsung. Usaha kerajinan masih dihadapkan pada persoalan mendasar, khususnya dalam memasarkan produk kerajinan. Sampai saat ini, para pekerja terampil mengandalkan pengecer dalam memasarkan produk yang siap jual. Tujuan dari penelitian yaitu dapat menentukan pilihan strategi pemasaran dengan tepat. Untuk menentukan alternatif strategi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Terdapat 29 orang responden yang mana 8 orang dari mereka merupakan informan kunci, dan 21 lainnya merupakan informan biasa. Analisis SWOT yang dilakukan menunjukkan hasil yang mengarah kepada strategi SO (Strengths – Opportunity) dan memiliki 4 alternatif strategi, yaitu  meningkatkan kualitas barang dengan cara berinovasi untuk menciptakan produk baru,  pemanfaatan fasilitas pemerintah, memanfaatkan digital marketing dan  memperluas jaringan kerjasama.


Keywords


Crafts, Marketing Strategy; SWOT; SMEs

Full Text:

PDF

References


Anam, A. K., & Setyawan, M. (2019). Strategi Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster Pada Sentra Kawasan Industri Rotan Di Kabupaten Jepara. MANDAR (Management Development and Applied Research Journal), 1(2), 1–8. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/mandar/article/view/368

Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep Pemasaran Agribisnis: Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Konsep Pemasaran Agribisnis, 5(2), 143–164. https://media.neliti.com/media/publications/228157-konsep-pemasaran-agribisnis-pendekatan-e-931e3c26.pdf

DJBC. (2020). Peresmian Gedung Sentra Industri Kecil Menengah Bambu dan Rotan.

Januarti, Yurisinthae, E., & Suyatno, A. (2019). Kontribusi Pendapatan Usaha Kerajinan Tangan Berbahan Baku Bambu Terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Parit Raja Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/4027

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Marketing Mnagement. Prentice Hall.

Nasir, A. (2017). The Influence of Product Innovation toward Marketing Performance at Furniture Companies in Pasuruan Regency. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 20–25. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/article/view/559

Noviani. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok” Liar”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 2076–2086. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Rangkuti. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, C. A. (2017). Teknik Mengelola Produk dan Merk. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133 – 142. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/7087

Wilujeng, S., & Fauzan. (2016). Pengembangan Sentra Industri Batu Bata Di Kabupaten Bangkalan Dengan Pendekatan Diversifikasi Dan Inovasi Produk. Jurnal Abdimas, 20(1), 47–53. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/765




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.