Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Gula Semut di Daerah Istimewa Yogyakarta

Meita Puspa Dewi, Marosimy Millaty, Liana Fatma Leslie Pratiwi, Yunita Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen produk gula semut, menganalisis atribut produk gula semut yang menjadi preferensi konsumen dan menganalisis atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli produk gula semut. Penelitian dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 1 Juni – 1 Agustus 2021. Penelitian ini dilakukan kepada responden yang pernah membeli produk gula semut dengan jumlah 100 orang. Atribut yang diamati pada penelitian ini adalah harga, kemasan, manfaat untuk kesehatan, kandungan gizi, inovasi kandungan rempah-rempah. Kadaluwarsa, pengawet, merek, keorganikan, kehalalan, bentuk, ukuran, warna, rasa, aroma, estetika, kelarutan, kebersihan, daya tahan, promosi, kemudahan didapat dan diskon. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan convenience sampling menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis multi atribut fishbein. Berdasarkan hasil penelitian  diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Sikap konsumen terhadap atribut gula semut yang dipertimbangkan dalam memilih produk gula semut di Kota Yogyakarta secara berturut-turut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan kurang dipertimbangkan yaitu  (2) kehalalan, kebersihan, manfaat untuk kesehatan, daya tahan, kandungan gizi, kadaluwarsa, rasa, keorganikan, kemudahan didapat, aroma dan kelarutan. Konsumen memilih kehalalan sebagai atribut yang paling diutamakan ketika melakukan pembelian gula semut.


Keywords


Brown Sugar, Consumer Preference; Fishbein Multi attribute; Product Atrributes

Full Text:

PDF

References


Anic, I. D. 2010. Attitudes and purchasing behavior of consumers in domestic and foreign food retailers in Croatia. International Journal. 28(1):113-133

Churchill, G. A. 2005. Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Edisi 4, Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Fraenkel, R. J. dan N. E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill, New York.

Mustafik. 2014. Peningkatan mutu produksi dan pemasaran gula semut beriodium di Koperasi Serba Usaha (KSU) Ligasirem Sumbang-Banyumas. Performance. 19: 68-84

Pratama, A. K. Y., O. Wisdaningrum dan M. P. Nugrahani. 2020. Pendampingan dan Penerapan Teknologi untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Gula Semut. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4: 275-284.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Susanta. 2006. Sikap: Konsep dan Pengukuran. Jurnal Administrasi Bisnis. 2(2):94-106.

Trinidad, T. P dan A. C. Mallillin. 2010. Glycemic index of commonly consumed carbohydrate foods in the Philippines. Journal of Functional Foods. 2: 271-274.

Tsang, M. M., H. Shu-Chun, dan L. TingPeng. 2004. Consumer attitudes toward mobile advertising: An empirical study. International Journal of Electronic Commerce. 8(3):65-78

Widhiarso, W. 2010. Pengembangan Skala Psikologi: Lima Kategori Respon ataukah Empat Kategori Respon?. Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.