Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Produk Mie Mocaf pada Kelompok Wanita Tani "Ceria", Kendal

Authors

  • Naufal Fadhil Heriawan Dipenogoro University
  • Siswanto Imam Santoso
  • Titik Ekowati

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.31

Keywords:

mie mocaf, strategi bisnis, SWOT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pendapatan usaha mie mocaf Kelempok wanita tani (KWT) Ceria, Menganalisis faktor internal (strengths dan weaknesses) dan faktor eksternal (opportunities dan threats) mie mocaf KWT Ceria dan Merumuskan strategi alternatif serta mengurutkan prioritas strategi alternatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dimana kasus yang terjadi pada KWT Ceria yaitu bagaimana mengembangkan usaha mie mocaf dalam pasar yang lebih memilih mie yang menggunakan terigu. Responden yang digunakan yaitu diambil secara Purposive sampling dengan 4 responden pakar, Accidental sampling dengan 26 respoden pembeli dari produk mie mocaf dan Sampel Jenuh dengan 30 responden dari seluruh anggota KWT Ceria. Metode analisis data dengan analisis perhitungan pendapatan dan analisis, matriks Internal Factor Evaluation, matriks External Factor Evaluation, matriks Internal-External, Matriks Strenght-Weakness- Opportunity-Threats dan matriks Quantitative Strategic Planning. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendapatan bisnis Mie Pelangi didapatkan rata-rata Rp. 945.055 dalam sebulan. Perhitungan R/C ratio sebesar 1,3. Perhitungan B/C ratio didapatkan sebesar 0,3. Hasil analisis faktor internal diperoleh bahwa kekuatan utama adalah produk tidak menggunakan penyedap makanan kimia sedangkan kelemahan utama yaitu varian rasa/bumbu hanya satu macam. Hasil analisis faktor ekstenal diperoleh bahwa peluang utama yaitu adanya pelatihan dan kesempatan penjualan dengan bantuan pemerintah sedangkan ancaman utama yaitu harga mie pesaing lebih murah. Prioritas tertinggi strategi alternatif yaitu melakukan promosi untuk mengenalkan mie sehat dan mie mocaf ke masyarakat

References

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104.

Ariani, M. (2010). Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Mendukung Swasembada Beras. Prosiding Pekan Serealia Nasional, 978–979.

Badan Ketahanan Pangan. (2021). Warta BKP. In Kementrian Pertanian RI (Issue IX). Badan Ketahanan Pangan.

Choirunisa, Z., Santoso, S. I., & Ekowati, T. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kambing Perah. Jurnal SOCA : Social Ekonomi Pertanian, 15(3), 495–505.

Hidayah, N., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Analisis Penggunaan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Café Coklat Klasik Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Vol. 6(6), 55–69.

Limantara, Y. D. P. (2017). Pengaruh Customer Perception Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Multiattribute Attitude Model Pada Produk Makanan Organik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(2), 69–77.

Mamondol, M. R. (2016). Analisis Kelayakan Ekonomi Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Pamona Puselemba. Jurnal Envira, 2(1), 1–10.

Mujahid, A., Isharyani, M. E., & Widada, D. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Mengunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM) Studi Kasus : Borneo Project. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(2), 111.

Musthofa, Z., & Ainiyah, R. (2018). Analisis Usaha Terasi Udang Di Desa Tambaklekok Kabupaten Pasuruan. Jurnal Teknologi Pangan, 9(2), 123–131.

Novandari, W. (2011). Analisis Motif Pembelian Dan Profil Perilaku â€Green Product Customer†(Studi Pada Konsumen Produk Pangan Organik Di Purwokerto). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 13(1), 9–16.

Prihatin, S. D., Samsi, S., & &mudiyono, H. (2012). Ancaman Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2), 1–13.

Supartama, M., Antara, M., & Rauf, R. A. (2013). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Padi Sawah di SUbak Baturiti Desa Balinggi Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Agrotekbis, 1(2), 166–172.

Suparwo, A., Suhendi, H., Roisah, R., Arifin, T., & Shobary, M. N. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Baju Bayi Indra Collection. Jurnal Abdimas BSI, Vol.1(No.2), 208–214.

Umanailo, M. C. B. (2019). Consumption Diversification of Local Community. Jurnal AGRISEP : Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 18(1), 61–74.

Downloads

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles