Strategi Pemasaran Agrowisata Danau Laet Di Kabupaten Sanggau

Noviana Noviana, Eva Dolorosa, Erlinda Yurisinthae

Abstract


Agrowisata Danau Laet merupakan wisata pertama yang mengembangan konsep agrowisata di Kabupaten Sanggau. Pengunjung berfluktuasi, salah satu penyebabnya pemasaran yang belum dilakukan secara optimal. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pelaksanaan teknik survey, dan wawancara secara mendalam sebagai metode pengambilan data. Tujuan penelitian menganalisis dan merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dilihat dari kondisi lingkungan internal dan eksternal berdasarkan komponen bauran pemasaran 7P, kemudian dilakukan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa strategi pemasaran Agrowisata Danau Laet berada pada posisi kuadran I (Strenght Opportunities). Alternatif strategi SO yang dapat diterapkan pengelola (SO1) Meningkatkan peran Pokdarwis dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sanggau dan pihak investor. Agrowisata Danau Laet agar lebih mengikuti tren agrowisata yang semakin berkembang; (SO2) Meningkatkan pengetahuan pengelola tentang agrowisata dengan mengikuti program pelatihan secara intensif; (SO3) Mengoptimalkan penggunaan media promosi dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk perluasan pemasaran Agrowisata Danau Laet agar lebih dikenal masyarakat; (SO4) Membangun kemitraan dengan pihak jasa usaha untuk menambah nilai jual Agrowisata Danau Laet dalam bentuk kerja sama untuk pengadaan paket wisata.

 


Keywords


Agrowisata, Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran Edisi ke-1 (Kesatu). PT. Rajagrafindo Persada. http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12701&keywords=

BPS Kalimantan Barat. (2021). BPS Kalimantan Barat. Profil Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021, 34.

David, F. R. (2011). Strategic Managementt: Concepts And Cases (13th ed.). Pearson Prentice Hall.

Heryati, Y. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56–74. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/10

Hovde, H. T., Clark, F. E., & Clark, C. P. (1943). Principles of Marketing. Journal of the American Statistical Association, 38(223), 376. https://doi.org/10.2307/2279799

Joehastanti, J. (2012). Strategi Pemasaran Wisata Alam Untuk Meningkatkan Kunjungan Di Kawasan Wisata Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 60–73.

Johne, A. (1992). Marketing: An introduction. Technovation, 12(6), 417. https://doi.org/10.1016/0166-4972(92)90011-6

Khoirunnisa, N., & Kholil, A. Y. (2018). Strategi Bauran Pemasaran Desa Wisata Kampung Ekologi Temas Di Kota Batu. Buana Sains, 18(2), 161–170.

Kurniasanti, S. A. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Agrowisata (Studi Kasus Kampung Petani Buah Jeruk Siam di Kecamatan Bangorejo-Banyuwangi). 3(2), 151–162.

Kurniawati, R., & Marlena, N. (2020). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(2), 191–203.

Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian. Selemba Empat.

Nurani, R., Roessali, W., & Ekowati, T. (2020). Strategi pengembangan Agrowisata Jollong di Kabupaten Pati. Jurnal Pariwisata, 7(2), 80–91. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/8206

Oktoyoki, H., Gabrienda, G., Novita Sari, M., Anti Sukmala Yulisa, T., & Ansiska, P. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Agrowisata Kebun Bunga D’Syandana Di Kabupaten Rejang Lebong. Paradigma Agribisnis, 3(2), 71–85. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JPA/article/view/5013

Palit, I. G., Talumingan, C., & A.J.Rumangit, G. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan Ireine Gratia Palit Celcius Talumingan. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 13(2), 21–34. file:///C:/Users/IND/Downloads/16558-33191-1-SM.pdf

Pambudi, S. H., Sunarto, & Prabang Setyono. (2018). Strategi Pengembangan Agrowisata: Studi Kasus Di Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano), Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Analisis Kebijakan Pertanian, 16(2), 159–177.

Prastini, R. A., & Sayatman. (2014). Perancangan Media Promosi Langsung Agrowisata Bhakti Alam. 3(2). https://repository.its.ac.id/42242/%0Ahttps://repository.its.ac.id/42242/1/3408100049-Undergraduate-Theses.pdf

Pratama, F. A., & Supriyono, S. (2021). Analisis strategi pemasaran wahana rekreasi agro wisata Tirto Arum Baru Kendal ditengah pandemi covid-19 tahun 2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), 230–242. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i2.93

Putra, S. A. A. A., Aviantara, I. G. N. A., & Widia, I. W. (2015). Strategi Pengembangan Agrowisata Berbasis Analisis SWOT Di Unit Usaha Agro Mandiri. E-Jurnal Universitas Udayana, 5(2), 381. https://doi.org/10.11164/jjsps.5.2_381_2

Rangkuti, F. (2019). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rosa, E. D. (2021). Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) KKN-PPM UGM Buayan Menawan.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. 4(4), 279–284.

Rosita, Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 61–72.

Saputra, L. (2018). Analisis Modal Sosial Desa Subah Dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Danau Lait Kecamatan Tayan Hilir [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/61549/Analisis-Modal-Sosial-Desa-Subah-dalam-Pengembangan-Pariwisata-Berbasis-Masyarakat-di-Danau-Lait-Kecamatan-Tayan-Hilir

Sari, V. F. S. H. (2020). Pengaruh Harga Tiket Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Obyek Wisata Ubalan Waterpark Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08(01), 723–729.

Silitonga, S. S. M., & Anom, I. P. (2016). Kota Tua Barus Sebagai Daerah Tujuan Wisata Sejarah Di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(2), 7. https://doi.org/10.24843/despar.2016.v04.i02.p02

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (cetakan ke-21). Alfabeta.

Susanti, S. E., & Prabowo, B. (2019). Strategi Pemasaran Pariwisata Di Wonosalam Dalam meningkatkan Daya Tarik Pengunjung (Studi Kasus Pada Agrowisata di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang). Bisnis Indonesia, 10(1), 105–118. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1541

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram). Jurnal, 16(2). http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1449

Wahdiniwaty, R. (2013). Aksesibilitas Wisata pada Kota Metropolitan di Negara Berkembang (Suatu Survey di Wilayah Bandung Raya). Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(2), 200–209. https://repository.unikom.ac.id/30390/

Widiastini, N. M. A., Andiani, N. D., & Trianasari. (2012). Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v1i1.4492

Yazid. (2003). Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi (2nd ed.). Ekonisia.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.