Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Jagung Hibrida Madura-3 Petani Mitra Dan Petani Non Mitra Di Kab.Pamekasan

Arlitha Muntia Widyasari, Teti Sugiarti, Mardiyah Hayati

Abstract


Jagung merupakan suatu jenis tanaman semusim yang menjadi salah satu tanaman utama selain padi bagi petani. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perbandingan tingkat penggunaan input, biaya, penerimaan dan  pendapatan petani mitra dan petani non mitra jagung Hibrida Madura-3. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling dilakukan secara purposive. Responden dalam penelitian ini sebanyak 43 orang dengan rincian 35 petani non mitra dan 8 petani mitra PT. Gras. Hasil rerata penggunaan input pada penggunaan lahan, benih, pupuk NPK, pupuk ZA, dan pupuk Urea lebih besar petani mitra daripada petani non mitra , sedangkan rerata penggunaan pupuk kandang dan tenaga kerja lebih kecil petani mitra daripada petani non mitra. Perbedaan juga terdapat pada biaya variabel dan biaya tetap dimana presentase biaya tetap terhadap biaya total untuk petani mitra lebih besar dari biaya tetap petani non mitra, namun untuk presentase biaya variabel terhadap biaya total petani non mitra lebih besar dari petani non. Total biaya yang dikeluarkan oleh petani mitra lebih besar daripada petani non mitra. Begitu pula dengan pendapatan petani mitra dan non mitra berbeda secara nyata dengan rerata pendapatan petani mitra.


Keywords


Jagung Hibrida, Madura-3, Petani, Mitra, Usahatani

Full Text:

PDF

References


Ade Epa Apriani, Soetoro, M. N. Y. (2016). Analisis Usahatani Jagung (Zea Mays L) (Studi Kasus Di Desa Pancawangi Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 2, 145–150.

Ainun Nikmah, E. F. Dan M. R. (2013). Analisis Produktivitas Usahatani Jagung Hibrida Di Kabupaten Sumenep Ainun. Agriekonomika, 2, 96–107.

Amzeri, A. (2017). Uji Daya Hasil 10 Hibrida Harapan Jagung Madura Berdaya Hasil Tinggi Dan Berumur Genjah. Agrovivor, 10(1), 73–79.

Arjasari, D. I. K., & Bandung, K. (2019). Karakteristik Petani Dan Profil Usahatani Ubi Jalar Di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 21(3), 247–255.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.