Analisis Break Event Point Usahatani Kelapa Sawit Swadaya Di Desa Air Putih Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya

Riady Saputra, Erlinda Yurisinthae, Novira Kusrini

Abstract


Sektor pertanian perkebunan merupakan salah satu subsektor pertanian, pertanian perkebunan memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu perkebunan yang sudah lama di budidayakan di Indonesia. Pengembangan perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu langkah yang sangat diperlukan sebagai pembangun subsektor perkebunan dalam rangka revitalisasi sektor pertanian. Secara umum Pengembangan perkebunan kelapa sawit memiliki prospek, ditinjau dari prospek harga, ekspor dan pengembangan produk. Secara internal pengembangan perkebunan kelapa sawit didukung potensi kesesuaian dan ketersediaan lahan, Dalam hal ini, alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Break Even Point (Titik Impas), yaitu Break Event Point Produksi dan Break Event Point Harga jual. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 168 populasi petani dan sampel sebesar 63 petani. Hasil penelitian menunjukan bahwa usahatani kelapa sawit swadaya di Desa Air Putih Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya  melebihi titik BEP Produksi dan BEP harga jual.

Kata Kunci : Break Event Point, Usahatani , Kelapa sawit


Full Text:

PDF

References


Dinas Perkebunan, P. K. (2015). Petunjuk praktis Budidaya Kelapa Sawit. Pontianak.

Herman, E. (2016). Akuntansi Manajerial Suatu Orientasi Praktis. Jakarata: Mitra Wacana Media.

Nurlisa. (2017). Analisis Break Event Point Usahatani Jagung di Desa Peniti Besar Kecamatan SegedongKabupaten Pontianak. Pontianak.

Raiborn, C. A. (2011). Akuntansi Biaya Dasar dan pengembangan. Jakarata: Salemba Empat.

Rifka, J. (2002). Analisis Laporan Keuangan; Konsep dan Aplikasi. Dalam Analisis Laporan keuangan, konsep dan aplikasi. Yogyakarta: YKPN.

Sochis, S. d. (2017). Integrted Implementation Conservation In D AS Serang ( Study Case Institutional Group Of Land And Water Conservation Sampetan Village Subdistrict Ampel, Distrct Boyolali). Boyolali: Proceedings of International Conference.

Sunjaja, R. S. (2017). Manajemen Keuangan 2 (Edisi 3 Re) (Vol. 3). Bandung: Literasi Lintas Media.

Suratiyah, K. (2008). Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Winda Lihouma Purba, L. S. (2014). Pahan. III(3).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.03.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.