Analisis Profitabilitas Usaha Ternak Sapi Potong (Studi Kasus Di Kelompok Ternak Sido Makmur Kabupaten Sleman)

Dewi Masitoh, Meita Puspa Dewi, Abi Pratiwa Siregar

Abstract


Analisis profitabilitas usaha ternak sapi potong studi kasus di Kelompok Ternak Sido Makmur Kabupaten Sleman merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui analisis profitabilitas usaha budidaya peternakan sapi potong di Kelompok Ternak Sido Makmur Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2022 dengan menggunakan metode studi kasus dan pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara dengan 12 anggota Kelompok Ternak Sido Makmur yang masih aktif melakukan usaha ternak sapi potong. Daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu di Kelompok Ternak Sido Makmur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis profitabilitas dengan menghitung rasio Net Profit Margin (NPM) untuk mengetahui nilai profitabilitas pendapatan yang diperoleh anggota Kelompok Tani Sido Makmur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Ternak Sido Makmur menerima laba bersih sebesar Rp 2.498.661 dan penerimaan yang diterima sebesar Rp 21.095.238. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui analisis profitabilitas di Kelompok Ternak Sido Makmur dengan rasio Net Profit Margin menghasilkan nilai sebesar 11,84% yang berada di atas rata-rata standar industri 0% yang artinya usaha penggemukan sapi di Kelompok Ternak Sido Makmur menguntungkan dan layak diusahakan.


Keywords


kelompok ternak, net profit margin, pendapatan, sapi potong

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Dewi. (2015). Analisis Profitabilitas Usaha Penggemukan Peternakan Sapi Potong (Studi di UD Hadi Putra Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kbupaten Malang). Skripsi. Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang.

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020.

Badan Pusat Statistik. (2022). Produksi Daging Sapi Menurut Provinsi, 2019-2021.

Danasari, I. F., Harianto, H., & Falatehan, A. F. (2020). Dampak kebijakan impor ternak dan daging sapi terhadap populasi sapi potong lokal di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 4(2), 310-322.

Hanani, N., dkk. (2011). Ekonomi Mikro. Malang; Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Hendrawati, I.G.A.O. (2018). Curahan Tenaga Kerja Peternak Sapi Bali Sebagai Usaha Sampingan dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Keluarga di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Dwijenagro, 8(1), 63-72.

Indrayani, I., & Andri, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Ternak Sapi Potong di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Peternakan Indonesia ( Indonesian Journal of Animal Science), 20(3): 151-159.

Isna V. Karepesina, Stephen F.W. Thenu, Johanna M. Luhukay. (2020). Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran Daun Di Dusun Taeno, Desa Rumahtiga, Kecamatan Teluk Ambon. Jurnal Agrilan 8 (3): 219-233.

Muninggar, R.M. (2018). Analisis Pendapatan Usaha Cow Calf Operation Sapi Simmental-Peranakan Ongole (SIMPO) Pada Peternakan Rakyat di Keamatan Imogiri dan Kecamatan Prambanan, Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada.

Putri, G. N., Sumarjono, D., & Roessali, W. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Sapi Potong Pola Penggemukan Pada Anggita Kelompok Tani Ternak Bangunrejo II di Desa Polosiri Keamatan Bawen Kabupaten Semarang. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 3(1), 39-49.

Septiawan, S., Rochdiani, D., & Yusuf, M.N. (2017). Analisis Biaya, Penerimaan dan R/C pada Agroindustri Bgula Aren (suatu Kasus di Desa Sidamulih Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 3(3): 360-365.

Soekartawi. (2002). Analisis Usaha Tani. UI Press; Jakarta.

Utari, K.M. (2017). Peran Keluarga Pada Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Harapan Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Skripsi. Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin Makasar.

Yuniar, A. (2021). Kebutuhan Daging Sapi Terus Meningkat Hingga Mei 2020, Stok Aman?.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.03.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.