Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kasus di BUMDES Mitra Sejahtera Desa Cibunut Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka

Jaka sulaksana, Irni Nuryanti

Abstract


Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Cibunut Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Sejahtera mulai bulan Januari – Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran BUMDes Mitra Sejahtera, mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi perkembangan BUMDes Mitra Sejahtera, serta mengetahui alternatif strategi apa yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pengembangan BUMDes Mitra Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan responden dipecah menjadi dua yaitu sampling jenuh (sensus) dan snowball sampling total jumlah responden adalah 35 orang yang terdiri dari pengurus BUMDes Mitra Sejahtera, Aparat Desa Cibunut, Petani Desa Cibunut dan Karang Taruna Desa Cibunut. Teknik analisis yang digunakan yaitu Deskriptif, analisis SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa BUMDes Mitra Sejahtera telah dibentuk dari tahun 2015 dan memiliki tiga bidang usaha yang dijalankannya yaitu pengelolaan tanah gunung, kios pertanian dan otomotif (grasstack). Faktor lingkungan internal BUMDes Mitra Sejahtera yang diamati yaitu manajemen, keuangan, SDM, sarana dan prasarana, serta payung hukum, sedangkan Faktor lingkungan eksternal yang diamati adalah teknologi, mitra bisnis, pemerintah, potensi desa, partisipasi masyarakat dan pesaing. Strategi yang menjadi prioritas utama untuk pengembangan BUMDes Mitra Sejahtera adalah menjadi distributor usaha atau sebagai pemasok barang untuk kios pertanian dengan nilai TAS (Total Atractive Score) tertinggi.


Keywords


Strategi, Pengembangan, BUMDes

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Majalengka. 2016. Buku Panduan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (Pembentukan & Pengelolaan BUMDes). Majalengka.

Convelo G, Cevilla. Dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Indonesia.

David, FR. 2004. Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo, Jakarta.

David, FR. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

David, FR. 2009. Manajemen Strategis. Ed ke-12. Sunardi D, penerjemah. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Skripsi. Arman Maulana. 2016. Penentuan Prioritas Strategi Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Fred R. David. 2009.Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta.

Freddy Rangkuti. 2005. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Permana, Dede. 2011.Strategi Pengembangan Koperasi Jasa Agribisnis (Koja) Sta Panumbangan Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama.

Siska, Yanti, Amelia. 2013. Strategi Pengembangan Koperasi Unit Desa (KUD) Berkat Telaga Kabupaten Gorontalo. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Sudaryanto. 2005. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Duta wacana University Press.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Umar, Husein. 2003. Strategic Management in Action, Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Skripsi. Arman Maulana. 2016. Penentuan Prioritas Strategi Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Undang-Undang Desa.

Yudiardi, Dodi. 2015. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan prekonomian masyarakat perdesaan kabupaten Garut. Garut: Universitas Garut




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.