Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Lokal Di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya

Yosua christianto, Erlinda Yurisinthae, Anita Suharyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis saluran pemasaran kopi lokal dan menganalisis keputusan pemilihan saluran pemasaran yang dilakukan oleh petani di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai kakap Kabupaten Kubu raya. 2) menganalisis tingkat efisiensi pemasaran kopi lokal di desa punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu raya. 3) Untuk menganalisis keputusan pemilihan saluran pemasaran yang dilakukan oleh petani di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret-april 2022. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik Petani Kopi di Desa Punggur Besar kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya, Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran kopi lokal, dengan jumlah sampel 42 petani, 2 pedagang pengumpul, 2 pedagang besar dan 5 pedagang pengecer. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat 3 saluran pemasaran yaitu (1) petani - pedagang besar- pabrik, (2) petani- pedagang pengumpul- pedagang besar- pabrik, (3) petani- pedagang besar- pedagang pengecer- konsumen akhir. 2) berdasarkan efisiensi pemasaran dengan pendekatan margin pemasaran atas biaya yang telah dijelaskan diketahui bahwa saluran pemasaran I, II dan III sudah efisien dan saluran pemasaran ke I paling efisien dari pada saluran pemasaran yang lain. 3) keputusan petani dalam memilih saluran pemasaran rata-rata di pengaruhi oleh harga.

Keywords


efisiensi; saluran pemasaran; kopi lokal;

Full Text:

PDF

References


Rahmed, R. (2012). Untung Selangit Dari Agribisnis Kopi. yogyakarta: Penerbit Andi.

BPS. (2020). Kalimantan Barat Dalam Angka. KALBAR: Badan Pusat Statistik.

BPS. (2020). Kubu Raya dalam angka 2020. Kubu Raya: Badan Pusat Statistik.

Karlina, P. R. (2018). Analisis Sistem Pemasaran dan Pilihan Saluran Pemasaran Anggrek Potong Vanda Douglas di Kabupaten Bogor. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Supriono. (1985). manajemen strategi dan kebijakan bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Riduwan , & Akdon. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Data Statistika . Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Diah, T., & Nofriady, S. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Jambu Biji Merah. Skripsi Agribisnis UMSU Medan.

Soekarwati. (2002). Prinsip dasar manajemen pemasaran hasil-hasil pertanian teori dan aplikasinya. Jakarta. PT Raja grafindo, 134 hal.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.