Analisis Peramalan (Forecasting) Produksi Jagung Di Provinsi Lampung Dengan Aplikasi POM QM

Radya Yogautami, Cicin Dewi R, Gea Azoya A, Galuh Eska M

Abstract


Jagung merupakan salah satu komoditas strategis dan bernilai ekonomis serta mempunyai peluang untuk dikembangkan karena kedudukannya sebagai sumber utama karbohidrat dan protein setelah beras. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan jagung khususnya di Indonesia semakin meningkat berselaras dengan peningkatan jumlah penduduk. Peningkatan permintaan dan kebutuhan komoditas jagung harus diimbangi dengan ketersediaan stok jagung yang memadai. Peramalan produksi jagung di Provinsi Lampung sangat diperlukan, agar produksi jagung dapat memenuhi permintaan dan kebutuhan jagung. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi peramalan produksi Jagung Provinsi Lampung (forecasting) menggunakan Software POM-QM for Windows Version 5. Analisis peramalan produksi Jagung di Provinsi Lampung (forecasting) menggunakan beberapa metode yaitu Linear Regression, Moving Average, Weighted Moving Average, Exponential Smoothing, dan Exponential Smoothing with Trend dan pengukuran relative digunakanlah Mean Squared Error (MSE), Mean Absolute Deviation (MAD, and Mean Percentage Error (MAPE). Berdasarkan beberapa metode yang ada, Linear Regression dipilih karena dinilai lebih tepat untuk menganalisis data produksi jagung dibandingkan metode lainnya. Persamaan  regresi yang dihasilkan adalah y = 254.790 x – 1.511.794.151,6 dengan nilai R2 sebesar 0,8738. Dari persamaan tersebut diramalkan bahwa beberapa tahun kedepan masih terdapat peningkatan trend produksi jagung, dengan asumsi pertambahan luas tanam dan peningkatan Indeks Pertanaman (IP). Peningkatan produksi ini memberikan peluang bagi usaha yang menjadikan jagung sebagai bahan baku produksinya.


Keywords


Produksi Jagung , Peramalan (forecasting), POM QM

Full Text:

PDF

References


Eris, Priska N, dkk. 2014. Peramalan Dengan Metode Smoothing dan Verifikasi Metode Peramalan Dengan Grafik Pengendali Moving Range (MR) (Studi Kasus: Produksi Air Bersih di PDAM Tirta Kencana Samarinda). ISSN: 2085-7829. Universitas Mulawarman.

Food and Agriculture Organization. 2018. http://faostat3.fao.org/home/E

Fitter dan Hay. 1992. Fisiologi Lingkungan Tanaman. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gumilang, Zulfikar C, dkk. 2016. Peramalan dan Optimasi Produksi pada Produksi Emas di PT. “X” menggunakan Metode Mixed Integer Programming. Vol.3 No.2. Institut Teknologi Sepulun Nopember, Surabaya.

Kartasapoetra, Ance Gunarsih. 1990. Klimatologi Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman. Jakarta: Bumi Aksara.

Linda, Puspa, dkk . 2014. Peramalan Penjualan Produksi Teh Botol Soaro Pada PT. Sinar Sosro Sumatera Bagian Utara Tahun 2014 Dengan Metode ARIMA BOX-JENKINS. ISSN: 2337-9197.

Nasution, Arman H. 1999. Perancanaan dan Pengendalian Produksi. ISBN: 979-545-005-1. PT. Candimas Metropole, Jakarta.

Roesmarkam, A. dan N. W. Yuwono. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Salisbury dan Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid Dua Biokimia Tumbuhan Edisi Keempat. Bandung: ITB.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.