Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Dalam Kemasan Botol (Studi Kasus : Mahasiswa Strata Satu Di Lingkungan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto)

Nur Hasanah, Budi Utomo, Megawati Citra Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen berdasarkan nama merek, harga, rasa, label, dan kemasan (packaging) produk terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum dalam kemasan botol di lingkungan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. 2.Untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh pada persepsi konsumen berdasarkan nama merek, harga, rasa, label, dan kemasan (packaging) produk terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum dalam kemasan botol di lingkungan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan analisa uji regresi linear berganda dan metode fishbein yang diambil dari 96 responden. Hasil analisis uji regresi linear berganda disimpulkan bahwa  uji F yang dilakukan secara simultan semua variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa label berpengaruh secara signifikan dan keempat variabel lain (merek, kemasan, harga dan rasa) tidak berpengaruh secara signifikan pada persepsi konsumen terhadap variabel terikat, sehingga H0 ditolak. Hasil metode fishbein disimpulkan bahwa variabel yang paling berpengaruh pada persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian teh pucuk harum dalam kemasan botol didominasi oleh merek dengan nilai sikap konsumen sebesar 20.99 dan interpretasi sangat suka. Sedangkan variabel label merupakan variabel yang tidak disukai oleh konsumen dengan nilai sikap konsumen sebesar 16.84 dan interpretasi tidak suka, sehingga H1 ditolak.

Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Teh Pucuk Harum, Keputusan Pembelian, Uji Regresi Linear Berganda, Metode Fishbein.


Keywords


Persepsi Konsumen, Teh Pucuk Harum, Keputusan Pembelian, Uji Regresi Linear Berganda, Metode Fishbein

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriawati, M. 2021. Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Doa Sehari-hari pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Ringan) di SKhN 02 Kota Serang (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Mayora. 2021. Riwayat Singkat Perusahaan https://www.mayoraindah.co.id/content/Riwayat-Singkat-Perusahaan-33 diakses pada 24 Januari 2022 pukul 08: 44.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Yurita, A. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.