Pengaruh Kegiatan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani pada Usahatani Padi Sawah (Study Kasus di Kelompok Tani Lamuta I Desa Hutabohu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo)

Febyola Abubakar, Supriyo Imran, Yanti Saleh

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kegiatan penyuluh pertanian lapangan di kelompok tani Lamuta I dan menganalisis pengaruh kegiatan penyuluh pertanian lapangan (PPL) terhadap peningkatan pengetahuan usahatani padi sawah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan skala likert dan TCR (Tingkat Capaian Responden) sebagai alat ukur penelitian. Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu deskriptif kuantitatif dan rumusan masalah yang kedua menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kegiatan penyuluh pertanian lapangan di kelompok tani Lamuta I sudah dilaksanakan dengan sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 256,39 dengan presentase 85,46%. 2) adanya pengaruh yang signifikan dari kegiatan penyuluh pertanian lapangan terhadap peningkatan pengetahuan usahatani padi sawah, dengan nilai R Square 0,315 atau 31,5%, nilai F-hitung 8.579 > F-tabel 2.77 pada taraf kepercayaan 95% (a= 0,05). Nilai t-hitung dari X1 sebesar 2.332, nilai t-hitung dari X2 sebesar 2.988 dan nilai t-hitung dari X3 adalah -2.227, ang artinya lebih besar dari t-tabel senilai 2.003. Oleh karena itu H1 diterima dan H0 ditolak.


Keywords


Kegiatan Penyuluh Pertanian Lapangan; Peningkatan Pengetahuan Petani; Usahatani Padi Sawah

Full Text:

PDF

References


Daniel, Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Putra Robinson, Oktariani Indri Safitri, Dahono, L. Izhar. 2014. Kontribusi Penyuluhan Terhadap Peningkatan Produksi Dan Pendapatan Petani (Kasus Petani Cabai) Di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Agroinovasi Spesifik Lokasi Untuk Ketahanan Pangan Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jambi.

Riduwan, Sunarto. 2019. Buku Pengantar Statistika untuk Penelitian ; Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung. ALFABETA.

Sukardi. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.