Pengaruh Orientasi Pasar Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Olahan Pala Di Kota Ternate

Nurdiawaty Muzainah Dedy, Lydiawati Soelaiman

Abstract


Pengembangan aneka ragam olahan produk berbahan baku buah pala sangat prospektif tetapi masih perlu dimaksimalkan agar seimbang dengan hasil panen Pala di Kota Ternate. Para pemilik usaha perlu melakukan proses manajemen usaha yang produktif agar menghasilkan produk yang sesuai dengan preferensi pasar. Kemampuan orientasi pasar serta penerapan bauran pemasaran diperlukan agar dapat meningkatkan kinerja pemasaran untuk memberikan dampak keunggulan bersaing usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menguji orientasi pasar dan bauran pemasaran terhadap keunggulan bersaing usaha olahan Pala di Kota Ternate. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu para pelaku usaha olahan pala yang telah menjalankan usaha minimal 3 tahun. Responden yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah 74 pelaku usaha. Data dianalisis menggunakan software SmartPLS-SEM. Analisis penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara positif berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing usaha. Sedangkan variabel orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing usaha olahan pala di Kota Ternate.


Keywords


Orientasi Pasar; Bauran Pemasaran; Keunggulan Bersaing; Usaha Olahan Pala

Full Text:

PDF

References


Adelia, A. (2017). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam perpektif ekonomi islam (studi pada toko buku gramedia Lampung) (Doctoral dissertation, UIN raden intan lampung), 85–113.

Al Badi, K. S. (2018). The impact of marketing mix on the competitive advantage of the sme sector in the al buraimi governorate in oman. SAGE Open, 8(3). https://doi.org/10.1177/2158244018800838

Ali, R.C., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh bauran pemasaran dan kepuasan konsumen terhadap keunggulan bersaing pada minuman air mineral club di kota manado. Jurnal EMBA, 10(1), 1634–1643.

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan bersaing ukm yang dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal pengembangan wiraswasta, 20(3), 193. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Andiyanto, F., & Sufian, M. S. (2017). Analisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap keunggulan bersaing dalam rangka meningkatkan kinerja bisnis (studi empiris pada industri pakaian jadi skala kecil dan menengah di Kabupaten Kudus). Jurnal ekonomi dan bisnis, 1–20.

Anggraini, P. A. (2022). Model pemberdayaan petani pala melalui proses difusi inovasi diversifikasi pengolahan komoditi pala ( myristica fragrans houtt ) di wilayah kota ternate ( studi kasus di kelurahan ngade dan marikurubu ). AGRIKAN, 15(2), 350–358.

Arisa, N. (2017). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keunggulan bersaing dalam perspektif etika bisnis islam. Jurnal ilmu ekonomi dan manajemen

Christy Ayu Ali, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh bauran pemasaran dan kepuasan konsumen terhadap keunggulan bersaing pada minuman air mineral club di kota manado. Jurnal EMBA, 10(1), 1634–1643.

Darmanto, Wahyuni, S., & Dwiyani, T. (2015). Bauran orientasi strategi dan kinerja organisasi penerapan variabel anteseden moderasi dan mediasi dalam penelitian ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Djumadil, N., & Syafie, Y. (2019). Analisis prospek dan kendala pengembangan produk industri berbahan baku daging buah pala di kota ternate. Techno: Jurnal penelitian, 08(02), 334–343. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno

Farhas, R. J., Samsir, & Restuti, S. (2016). Membangun keunggulan bersaing melalui inovasi, manajemen pengetahuan dan orientasi pasar. Jurnal tepak manajemen bisnis, 8(1), 164–179.

Fatah, & Abdul Vian, A. (2013). Pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing (survey pada ukm batik deden tasikmalaya) Doctoral dissertation, Universitas komputer Indonesia,Bandung.

Fatonah, S. (2009). Pengaruh bauran pemasaran, dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada perusahaan batik di surakarta. Jurnal ilmu ekonomi dan manajemen, 6(1), 95-182.

Hair, F. J., Tatham, R. L., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2008). Multivariate data analysis with reading (4rd ed.). New jersey : Prentice Hall.

Hair, Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The influence of market orientation and product innovation on the competitive advantage and its implication toward small and medium enterprises (ukm) performance. International journal of science and engineering invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02

Ho, H. F., & Hung, C. C. (2008). Marketing mix formulation for higher education: An integrated analysis employing analytic hierarchy process, cluster analysis and correspondence analysis. International journal of educational management, 22(4), 328–340. https://doi.org/10.1108/09513540810875662

Jayaningrum, E., & Brillyanes, S. (2017). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran (studi pada kuliner kafe kota malang). In jurnal administrasi bisnis (JAB) 54(1),149–158. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2227

Jayaningrum, Erni, & Sanawiri. (2010). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Jurnal administrasi bisnis (JAB), 54, 149–158.

Jogiyanto. (2004). Metodologi penelitian binis “salah kaprah dan pengalaman-pengalaman.” Alfabeta.

Kotler, P. (2011). Philip Kotler’s contributions to marketing theory and practice. In review of marketing research (Vol. 8, Issue 2011). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/S1548-6435(2011)0000008007

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L.K. (2012). Marketing management 14th editioan . Jakarta : PT. indeks Kelompok Gramedia.

Malhotra, N. K. (2015). Essentials of marketing research: A hands-on orientation. New York : Pearson

Malut, K. (2022 August 30). Kota rempah jadi branding ternate tingkatkan nilai ekonomi. Kanwil Kemenkumham Malut. https://malut.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/kota-rempah-jadi-branding-ternate-tingkatkan-nilai-ekonomi

Margaretha, C., & Soelaiman, L. (2022). Entrepreneurial orientation , market orientation , and organizational culture on business performance. Atlantis press international B.V, 653 (ICEBM 2021), 387–393.

Mawahib, M. J. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian smartphone samsung (studi kasus pada mahasiswa administrasi bisnis universitas mulawarman). E-journal administrasi bisnis universitas mulawarman, 3(4), 858–872.

Negoescu, I., & Singh, M. (2012). Marketing mix of 4p’s for competitive advantage. IOSR journal of business and management (IOSRJBM), 3(6), 40–45. www.iosrjournals.orgwww.iosrjournals.org

R. Helia, N. Farida, & B. Prabawani. (2015). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi produk sebagai variabel antara (studi kasus pada ikm batik di kampung batik laweyan, solo). Journal of social and political of science, 1–10.

Rizaty, M. (2022). Produksi pala nasional capai 135.700 ton pada 2021.

Sarkowi. (2017). Keunggulan bersaing : kajian tematis tafsir al-qur’an. Qolamuna jurnal studi islam, Volume 3 N(Juli), 117–132.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: a skill building approach, 7th edition. John Wiley & Sons Ltd.

Simanjuntak, M., Sumarwan, U., & Situmorang, A. D. (2020). The effect of marketing mix and brand image on customer loyalty of remixed mortar. Independent journal of management & production, 11(2), 450. https://doi.org/10.14807/ijmp.v11i2.963

Soepranto, J., & Limakrisna, N. (2019). Petunjuk praktis penelitian ilmiah untuk menyusun skripsi, tesis, dan disertasi(5 ed.). Bogor: Mitra Wacana Media..

Tjiptono, Fandy, & Chandra, G. (2019). Manajemen Strategik.(3th Ed). Yogyakarta;Andi.

Usman, I., Maupa, H., Idrus, M., Haerani, S., & Nurjanna, N. (2020). Moderation effect of competence of knowledge and innovation: case of Bali. Business Process Management Journal, 26(6), 1307–1327. https://doi.org/10.1108/BPMJ-06-2019-0236




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.