Evaluasi Program Penyuluhan Sistem Tanam Padi Jajar Legowo Terhadap Produksi Dan Pendapatan Di Desa Dutohe Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango

Cindri A Halid, Supriyo Imran, Larasati Sukmadewi Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Menganalisis evaluasi program penyuluhan sistem tanam padi jajar legowo di Desa Dutohe Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. 2) Menganalisis produksi dan pendapatan petani sebelum dan setelah menerapkan program sistem tanam padi jajar legowo di Desa Dutohe Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Lokasi penelitian di Desa Dutohe Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dari bulan September sampai bulan November 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple random sampling), sehingga jumlah sampel adalah 32 petani. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dipadukan dengan skoring dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Evaluasi program penyuluhan sistem tanam padi jajar legowo terjadi perkembangan pada penerapan program. Hasil evaluasi program menggunakan model CIPP programnya berhasil dengan nilai 50,44 adalah nilai yang berada pada range 41–52. 2) Hasil produksi petani sebelum menerapkan program sistem tanam padi jajar legowo yaitu 37.770 kg, sedangkan hasil produksi petani setelah menerapkan program sistem tanam padi jajar legowo yaitu 39.865 kg. Serta rata-rata pendapatan petani padi sebelum menerapkan program sistem tanam jajar yaitu Rp.9.547.078, dan rata-rata pendapatan petani padi setelah menerapkan program sistem tanam jajar legowo yaitu Rp. 10.171.063.

 

Kata kunci : Evaluasi program penyuluhan, Model CIPP, Produksi, Pendapatan


Keywords


Evaluasi program penyuluhan, Model CIPP, Produksi, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Asih, Setianingsih, Amir Halid, Supriyo Imran. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Beras Di Kota Gorontalo. Agrinesia: Jurnal Ilmiah Agribisnis. Vol. 5 No. 2. Hal. 101-109.

Baihaqi, A., Prasmatiwi, F. E., & Rosanti, N. 2022. Analisis Efisiensi Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Jajar Legowo di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(4), 1236-1246.

Bobihoe, Julistia. 2013. Sistem Tanam Padi Jajar Legowo. Jambi: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Jambi.

Harahap, Nurliana. 2017. Evaluasi Penyuluhan Pertanian. Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Pertanian. Jakarta Selatan.

Shinta, 2011. Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya UB-Press. Malang.

Sukmayanto, M., Hasanuddin, T., & Listiana, I. 2022. Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi di Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 6(2), 625-634.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.