Strategi Pengembangan Usaha Jahe Instan Kelompok Wanita Tani (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Gunung Nona Desa Rossoan, Kabupaten Enrekang)

Nurhikmah Nurhikmah, Sitti Bulkis, Akhsan Akhsan, Nurbaya Busthanul, Rahmadanih Rahmadanih

Abstract


Jahe instan merupakan salah satu usaha yang dikembangkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Gunung Nona yang berlokasi di Desa Rossoan Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Dalam pengembangannya, terdapat beberapa kendala yang dihadapi yaitu pemasaran yang dilakukan masih sederhana, kualitas sumberdaya manusia masih rendah serta peratalaan yang digunakan belum bisa sepenuhnya menunjang usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuai bagaimana kinerja anggota kelompok terhadap usaha serta untuk mengetahuai strategi pengembanagn usaha jahe instan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan matriks IE. Hasil analisis menunjukkan kinerja anggota KWT Gunung Nona cukup baik. Strategi yang perlu dilakukan dalan mengembangkan usaha adalah meningkatkan citra produk dengan memberikan informasi keunggulan produk pada kemasan dan juga media sosial.


Keywords


Jahe Instan; Kelompok Wanita Tani; Kinerja; SWOT; IE

Full Text:

PDF

References


BPS Sulawesi Selatan, 2020. Dalam Angka 2020. Sulawesi Selatan

Delfiana, K., & Adelina, N. H. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Biskuit Jagung Di Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Subun Tua’lele. Agribisnis Lahan Kering, 42-45.

Destama, W.A., (2020) Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah CV. Enam Putri Jakarta. [Skripsi]. Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.

Dewati, R., Harinta, Y. W., & Setyarini, A. (2021). Pengembangan Produk Olahan Jahe di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Desa Sidomukti). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(4), 1107-1114.

Fahrizqi, E. B., Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olaharaga Selama New Normal Pandemi Covid-19. Tadulako Journal Sport Sciences AndPhysical Education, 8(2), 53-62.

Petrus. 2016. Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Jahe (Zingiber Officinale Rosc.)(Studi Kasus : Desa Batunya Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabana). Universitas Dwijendra.

Rangkuti, F. 2014. “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI”. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama.

Rizal, S.M.A., (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha PT. Madu Pramuka Cibubur. [Skripsi]. Jakarta. UIN Syarif

Sitepu, A.T., (2013). Beban Kerja dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 5(2).

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Thias, W.G., (2020) Fungsi Kelompok Wanita Tanu (KWT) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pengusaha Jamur Tiram Di Desa Masrga Agung Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. [Skripsi]. Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Z. Hefflin Frinces, Persaingan Dan Daya Saing Kajian Strategis Globalisasi Ekonomi, (Jogjakarta: Mida Puataka, 2011), h. 36.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.