Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Mie X di Kota Malang

Adellia Naula Ramadhani, Abdul Wahib Muhaimin, Neza Fadia Rayesa

Abstract


Bisnis kuliner (F&B) merupakan salah satu sektor yang berkembang di Kota Malang. Menurut data BPS (2023), Kota Malang telah mengalami peningkatan jumlah restoran sebesar 2,07% yang mengakibatkan terjadinya persaingan yang semakin ketat. Berdasarkan pra-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa Mie X merupakan rumah makan spesialis mie pedas yang saat ini sedang berkembang dan digemari oleh sebagian besar konsumen di Kota Malang. Keberhasilan ini mendorong pihak kompetitor untuk mulai mengembangkan strategi baru yang bertujuan untuk merebut kembali pangsa pasar yang dimilikinya, salah satunya melalui diferensiasi produk. Kondisi ini menyebabkan Mie X berada dalam situasi yang terancam dan bahaya, sebab perusahaan tersebut tidak pernah melakukan inovasi, pengembangan, maupun upaya diferensiasi produk sejak pertama kali didirikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh variabel harga, rasa, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang, dan (2) Mengetahui variabel apa yang paling memengaruhi loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang. Penentuan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan dianalisis melalui SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa harga, cita rasa, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan rasa menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang. Oleh sebab itu, perusahaan disarankan untuk dapat mengoptimalkan strategi pemasaran terkait kualitas pelayanan, serta mempertahankan strategi pemasaran yang berkaitan dengan harga, cita rasa, dan promosi agar loyalitas konsumen dapat terjaga.


Keywords


persaingan; bisnis kuliner; loyalitas konsumen

Full Text:

PDF

References


Alexandro, R., Hariatama, F., & Norliana, E. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan pada Rumah Makan Panca Rasa Puruk Cahu. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 353. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.40618

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2019). Loyalitas Konsumen: Implikasi dari Diferensiasi Produk dan Nilai Emosional. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 20(1), 15–26. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2991

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (B. Nasution (ed.)). Padang Sidimpuan: PT. Inovasi Pratama Internasional.

Arianto, N., & Febrian. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Kreatif, 4(3), 457–464.

Aryatinigrum, S. W., & Insyirah, A. I. (2020). Pengaruh Pemberian Price Discount terhadap Loyalitas Konsumen pada Pengguna Online Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 946–953.

BPS Kota Malang. (2023). Kota Malang Dalam Angka 2023. Diakses melalui https://malangkota.bps.go.id/publication/2023/02/28/b600ebe2a1d407de59d12a90/kota-malang-dalam-angka-2023.html

Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Arifin, S., & Hariani, M. (2019). Upaya Memperkuat Citra Ramayana Departement Store Melalui Promosi Penjualan dan Periklanan. AKUNTABILITAS, 12(1), 59–71. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.761

Garrow, J. S., & James, W. P. T. (2010). Human Nutrition and Dietetics (9th ed.). Edinburgh: Churchill Livingstone.

Ghaisani, R. P., Darsiharjo, & Miftah, R. (2016). Pengaruh Promosi terhadap Loyalitas Konsumen di Suis Butchr Stak House Setiabudhi Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(2), 84–93.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2010). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hair, J., Hult, T., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLSSEM). Los Angeles: Sage.

Hanyani, T., & Fadillah, A. (2013). Pengaruh Kualitas dan Diferensiasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 237–246. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i3.272

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Rumah Makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Ibadurrahman & Hafid, A. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan di Keluarahan Sudian Raya Kota Makassar. JUEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–9.

Kendri, & Saputra, A. (2018). Pengaruh Strategi Promosi dan Loyalitas Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Stie, 30(1), 44–58.

Kock, N, & Hadaya, P. (2018). Minimum sample size estimation in PLS‐SEM: The inverse square root and gamma‐exponential methods. Information Systems Journal, 28(1), 227–261.

Kock, Ned. (2021). WarpPLS user manual : Version 7.0. Texas: ScriptWarp Systems.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Global Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Education Limited Inc.

Latan, H., & Noonan, R. (2017). Partial Least Squares Path Modeling. In Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications. Springers International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3_6

Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. IQTISHA Dequity, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Mardyanningsih, S. W. R. S., Ayuanti, R. N., & Udin, M. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa, dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen di Kober Mie Setan Kediri. EBISMEN, 1(3), 128–142.

Prawirosentono. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Menuju Organisasi Kompetitif Dalam Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta: BPFE

Putra, N. I., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Diskon dan Pemberian Hadiah terhadap Pembelian Impulsif pada Fashion Retail (Survei Online pada Konsumen Matahari Department Store di Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 1–9.

Ruly, F. P., & Hamdy, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk , Merek dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok. Manajerial, 9(1), 21–30.

Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sochenda, S. (2021). Modeling of Customer Satisfaction and Customer. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(4), 409–433.

Solichin, I. A., Kantun, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Quick Chicken Jalan Jawa No. 63 Jember Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(1), 61. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.4999

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivarat Permodelan Persamaan Struktural Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality & Customer Satisfaction (5th ed.). Yogyakarta: Andi.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399–410.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.