Sistem Pemasaran Berkelanjutan Pada Bumdes di Kota Batu

Budi Setiawan, Febriananda Faizal

Abstract


Pasca pandemi yang membawa perubahan besar-besaran yang secara fundamental yang mengubah semua sistem, tatanan, dan landscape yang ada ke cara-cara baru, salah satunya adalah digitalisasi teknologi. Hal ini menimbulkan banyak tantangan dan juga peluang bagi BUMDes sehingga perlu adanya kajian mengenai penguatan sistem pemasaran berkelanjutan berbasis teknologi pasca pandemi. Penguatan sistem pemasaran berkelanjutan berbasis teknologi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) penting dilakukan oleh setiap desa, mengingat upaya tersebut akan berpengaruh pada ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakat desa.
Pengembangan BUMDes juga akan berpengaruh pada perekonomian nasional. Permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes salah satunya adalah membutuhkan sistem pemasaran yang kuat agar memiliki daya saing tinggi secara domestik ataupun nasional. Selain itu, perubahan baru dalam dunia pemasaran yang kini lebih banyak dilakukan secara online (online marketing)
melalui internet, diakibatkan oleh jumlah pemakai internet yang kian meningkat sehingga para pengelola BUMDes harus bisa membaca adanya perubahan kondisi pasar tersebut salah satunya bisa memperkuat kualitas produk BUMDes khususnya di Kota Batu. Penelitian ini diharapkan bisa untuk membantu BUMDes di Kota Batu dalam melakukan proses penguatan sistem
pemasaran berkelanjutan berbasis teknologi. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh sistem pemasaran berkelanjutan terhadap keputusan konsumen atau pengunjung BUMDes di Kota Batu. Luaran dan hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan rekomendasi bagi pengelola BUMDes, pemerintah dan stakeholder lainnya dalam meningkatkan kesiapan dan daya saing BUMDes melalui penguatan sistem pemasaran berkelanjutan pasca pandemi ini.


Keywords


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes); sistem pemasaran; pemasaran berkelanjutan; digitalisasi

Full Text:

PDF

References


Agunggunanto, E.Y., Fitrie A., Edi W.K., & Darwanto. (2016). Pengembangan Desa Mandiri melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1), 67-81.

Athia, I., Ety S., & Andi N. (2018). Penerapan Business Model Canvas (BMC) untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66-75.

Blank, S., dan Dorf, B. (2012). The Startup Owner’s Manual TM The Step-by-Step Guide for Building a Great Company. California: K & S Ranch Publishing Division.

Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDes dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan melalui Penguatan Sumber Daya Manusia. Jurnal Istriqo: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 101-113.

Dosinaen, Y.P.R.P., dan Widya S. (2019). Usulan Strategi Pemasaran pada PT Gunung Amal Solution International dengan Menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Treath dan Matriks IFAS EFAS. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(2), 909-918.

Ermaya, S.K., dan Nana D. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 201-218.

Fajar, A. (2020). 6.080 BUMDes Jatim Terdaftar, Hanya 456 yang Masuk Kategori Maju. Diakses dari https://jatim.idntimes.com/news/jatim/ardiansyah-fajar/6080-bumdes-jatim-terdaftar-hanya-456-yang-masuk-kategori-maju/3

Fitriska, K. (2017). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Lancang Kuning Kecamatan Bintan Utara. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 5(2), 29-34.

Herawati, N., Triana L., & Ida B.S. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(1), 42-51.

Jatiningrum, W.S., Astuti, F. H., Sabiq, C.S., Andika, A.I., Adityo, L.B., & Mastrisiswadi, H. (2019). Consumer Preference for Mocaf Packaging Using Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(2), 153-160. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i2.8473.

Kim, S-C., Lee, J-S. & Shin, K-I. (2015). The Impact of Project Management Assets on The VRIO Characteristic of PM Process for Competitive Advantage. Int. J. Productivity and Quality Management, 15(2), 153-168.

Osterwalder, Alexander, & Pigneur, Yves. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Permana, D.J. (2013). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Factor Exacta, 6(4), 309-319.

Prasetyo, B.B., Lukman M.B., & Lilik N.Y. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Rhythm of Empowerment dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 4(2), 296-307.

Putri, A.D., dan Suwandi (2019). Rencana Pengembangan Bisnis Ekspedisi (Studi Pada Herona Express). Journal of Entrepreneurship, Managemenr, and Industry (JEMI), 2(1), 69-76.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ridlwan, Z. (2014). Urgensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pembangunan Perekonomian Desa. Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum, 8(3), 424-440.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, J., dan Irni N. (2019). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kasus di BUMDes Mitra Sejahtera Desa Cibunut Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 3(2), 348-359.

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. EKOMAKS: Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis, 9(2), 52-65.

Wijaya, D. (2018). BUM Desa: Badan Usaha Milik Desa. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.