Perubahan Sosial Ekonomi Karena Penggunaan Mesin Panen Padi Combine Harvester Di Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah

Abdul Har Haris, Kliwon Hidayat, Keppi Sukesi

Abstract


Sektor pertanian pangan memiliki peran penting dalam memberi lapangan pekerjaan  dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat lokal maupun nasional. Salah satu aspek penting dalam pertanian adalah  teknologi pertanian khususnya mesin panen yang terus berkembang dan membawa  perubahan sosial ekonomi dalam masyarakat pedesaan. Teknologi mekanis ini memiliki karakteristik yang relatif sulit dijangkau oleh petani, karena harga per unitnya tergolong  mahal, namun alat ini mulai banyak digunakan di kalangan petani di Kabupaten Seruyan, Kecamatan Seruyan Hilir, Kalimantan Tengah. Oleh karena itu, yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana teknologi baru mesin panen padi combine harvester diperkenalkan, diterima dan dikembangkan dalam masyarakat petani di Desa Persil Raya dan perubahan sosial ekonomi apa yang terjadi dalam masyarakat petani sejalan dengan penerapan telnologi mesin panen tersebut? Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses teknologi baru mesin panen padi combine harvester diperkenalkan, diterima dan dikembangkan dalam masyarakat petani di Desa Persil Raya dan menganalisis perubahan  sosial ekonomi masyarakat petani  sejalan dengan penerapan mesin panen tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah  kualitatif, dengan  desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi mesin panen padi combine harvester  pertama kali diperkenalkan oleh penyuluh pemerintah kepada kelompok tani yang ada di desa Persil Raya pada tahun 2015. Bersamaan dengan itu, kelompok tani setempat mendapat bantuan satu unit mesin panen tersebut. Tetapi kemudian di tahun berikutnya mesin panen padi combine harvester bertipe lebih besar diperkenalkan oleh pihak swasta melalui usaha jasa penyewaan mesin kepada petani. Sampai saat ini mesin panen yang sering digunakan petani adalah milik swasta atau perorangan. Selanjutnya perubahan sosial ekonomi terjadi dalam masyarakat petani desa Persil Raya meliputi perubahan pranata ketenagakerjaan dalam panen dari system tolong menolong dan system upah natura menjadi system persewaan mesin panen, system pemasaran gabah bertahap menjadi langsung dan perubahan efisiensi biaya panen.


Keywords


Mesin combine harvester;jasa persewaan;perubahan sosial ekonomi

Full Text:

PDF

References


Fattahaya. 2017. Modernisasi Pertanian Pada Petani Padi Di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. JIM, Vol. 2. No. 2.

H. Lauer, Robert. 2003. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Hanafi, Abdillah. 1987. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. Surabaya: Usaha nasional.

Janah, Aulya R, Hery Toiba, Novil Dedy Andriatmoko. 2019. Niat Adopsi Petani dalam Menggunakan Teknologi Combine Harvester. HABITAT. Vol. 30. No. 2. 71-78.

Kurnadi, Shahab. 2017. Sosiologi Pedesaan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Liao, Y., Yanhong Lu.,Jun Nie.,Xing Zhou., Zengping Yang., Haoji Wu. 2015 “Effects of Rice Combine Harvester Aplication to Harvest Chinese Milk Vetch Seeds “ Journal of agricultural science and technology, 16(4):853-856.

Maksudi Iqbal, Indra, T.Fauzi. 2018. Efektivitas Penggunaan Mesin Panen (Combine Harvester) Pemanenan Padi Di Kabupaten Pidie Jaya. JIM, Vol. 3. No. 1.

Martono, Nanang. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mirza, Arfat, Ramayanty B,Syafriandi. 2018. Analisis Pengembangan Thresher dan Combine Harvester Untuk Produktivitas Padi Di Kabupaten Pidie. JIM, Vol. 3. No. 2.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Murti Hari, Wan Abbas Zakaria, Dyah Aring Hepiana Lestari. 2017` Analisis Kelayakan Finansial Unit Usaha Mesin Panen Padi (Combine Harvester) Di Kecamatan seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. JIIA, Vol 5 No. 3.

Muharram, Raja Masbar. 2018. Dampak Penggunaan Mesin Panen Padi (Combine Harvester) Terhadap Pendapatan petani Di Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. JIM, Vol. 3. No. 3.

Murtadha, Ismayani, Safrida. 2019. Analisis Produksi dan Pendapatan Sebelum dan Sesudah Penggunaan Combine Harvester Di Kabupaten Pidie Jaya. AGRIFO. Vol. 4. No. 1.

Nasution, Zulkarimen. 2004. Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rogers, Everett M. 1983. Diffusion of Innovation. New York: The Free Press, A Division of Macmillan Publishing Co., Inc.

Rogers, Everett M., Shoemaker, F. Floy. 1971. Communication of Innovation. Second Edition: The Free Press. A Division of Macmillan Publishing Co., Inc.

Rusida. 2019. Dampak Penggunaan Teknologi Combine Harvester Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Petani Padi Desa Padang Kalua Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Jurnal Ecosystem Vol.19. No.1. 109-116.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABE

Soelaiman, M. 1998. Dinamika Masyarakat Transisi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Swastika, Sadra. 2010. Teknologi Panen dan Pascapanen Padi: Kendala Adopsi dan Kebijakan Strategi Pemgembangan. Analisis Kebijakan Pertanian. Vol. 10 No.4

Yin, Robert. K. 2009. Studi Kasus dan Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.