Efisiensi Pemasaran Monstera Marmorata Di Desa Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung

Salsabila Salsabila, Nia Rosiana

Abstract


Desa Cihideung adalah salah satu wilayah di Kabupaten Bandung Barat yang menjadi sentra penghasil Monstera marmorata. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh petani Monstera marmorata yaitu adanya fluktuasi pada hasil produksi, perbedaan harga jual yang ada di tingkat lembaga pemasaran, dan sulitnya pendistribusian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, serta efisiensi operasional pemasaran berdasarkan indikator majin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan atas biaya. Metode yang digunakan untuk memilih petani responden adalah simple random sampling serta responden lembaga pemasaran berdasarkan snowball sampling. Saluran pemasaran V (petani–broker-konsumen) relatif efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya dari indikator secara keseluruhan, karena memiliki nilai marjin pemasaran Rp455.000,00 dengan persentase farmer’s share 93,46, nilai rasio keuntungan atas biaya sebesar 2,50 dan saluran pemasaran V sudah melaksanakan fungsi pemasarannya secara lengkap ditingkat pedagang dan lembaga pemasaran.


Keywords


Cihideung, efisiensi, monstera marmorata, pemasaran

Full Text:

PDF

References


Adelita WS. 2016. Analisis Efisiensi Pemasaran Jambu Kristal Di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga, Bogor. [Skripsi]. Bogor (ID) : Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Anindya D. 2019. Analisis Usahatani Dan Pemasaran Bunga Potong Anggrek Vanda Douglas Di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. [Skripsi]. Bogor (ID) : Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Asmarantaka, R W. 2014. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor: Institut Pertanian Bogor BPS] Badan Pusat Statistik. 2022. Kecamatan Parongpong Dalam Angka [internet]. [diunduh 2023 Januari 13]

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Daerah Kecamatan Parongpong [internet]. [diunduh 2023 Januari 10]

Dian EP, Asmara R, Dina FR. 2017. Analisis Efesiensi Pemasaran Bunga Mawar Potong (Studi Kasus di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). I(2):5–10.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat. 2018. Harga jual, luas panen, produksi Monstera. Bandung (ID): Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat. 2019. Harga jual, luas panen produksi Monstera. Bandung (ID): Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat. 2020. Harga jual, luas panen, produksi Monstera. Bandung (ID): Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Direktorat Jenderal Holtikultura. 2021. Draft Laporan Tahunan Ditjen Hortikultura 2020. [internet]. [diunduh 2023 Desember 27]

Hudson D. 2007. Agricultural Markets And Prices. Blackwell Publishing. United Kingdom.

Kohls dan Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products. Ninth Edition. Prentice Hall, New Jersey.

Mandak Y, Rorimpandey B, Waleleng POV, Oroh FNS. 2017. Analisis margin pemasaran ayam broiler di Pasar Tradisional Kota Manado. Jurnal Zootek. 37(1) : 70-79.

Ningsih U.W., Hartono B. and Nugroho E. 2017. Analisis Pemasaran Sapi Potong Melalui Analisis Marjin, Transmisi Harga, Struktur Pemasaran, Perilaku Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 27(1) : 1- 11.

Pitaloka, D. 2017. Hortikultura: Potensi, Pengembangan Dan Tantangan. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33379/gtech.v1i1.260

Pratama WA, Nurmalina, R, Rosiana, N. 2023 (a). Determinan yang Memengaruhi Pemilihan Saluran Bunga Potong Krisan di Kabupaten Cianjur. Forum Agribisnis. 13(1):86-94. https://doi.org/10.29244/fagb.13.1.86-94.

Pratama WA, Nurmalina, R, Rosiana, N. 2023 (b). Efisiensi Pemasaran Bunga Potong Krisan di Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 28(1):26-33. https://doi.org/10.18343/jipi.28.1.26.

Puspasari Ed, Asmara R, Dina Fr. 2017. Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga Mawar Potong (Studi Kasus Di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu) The Marketing Efficiency Analysis Of Rose Cut Flower (Case Study In Gunungsari Village, Bumiaji Subdistrict, Batu City). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 1(2): 85-86.

Putri Tengku LB, Lutfi A. 2019. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjungkembali di Objek Wisata Ruang Terbuka Hijau Taman Hutan Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. 8(3):314.

Santosa, A., 2018. Prospek Agribisnis Berbasis Tanaman Hias Usaha Bungan Sedap Malam dan Anggrek Vanda Douglas (Tinjauan Khusus Usahatani, Harga dan Permintaan). Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. 21(1): 1-3. https://doi.org/10.20961/carakatani.v21i1.20566

Sari EN, Santosa ME, Anggara MF, Prasetyo A. 2022. Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Tanaman Hias di Bursa dan Pelelangan enggung Forest Art 2 Kecamatan Tawangmangu. Agricultural Socio-Economic Empowerment and Agribusiness Journal. 1(1):1. doi:10.20961/agrisema.v1i1.61336

Tomek WG and Robinson KL. 1990. Agricultural Product Prices. Third Edition. Ithaca (US-NY): Cornell University Pass.

Umar H. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Ed ke-2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yunita HS, Rahmatullah L. 2021. Etika Bisnis Islam Terhadap Mekanisme Penentuan Harga Dalam Jual Beli Tanaman Hias Philodendron Majestic. Jurnal Al-Hakim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Studi Syariah, Hukum dan Filantropi, 3(2):.235-250




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.01.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.