Pengaruh Promosi Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayur Dan Buah Online Menggunakan Aisas (Attention, Interest, Search, Action, Share) Model

Aulianisa Dandiapuri, Dina Novia Priminingtyas, Febriananda Faizal

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat aktivitas manusia dapat dijalankan dengan lebih mudah, salah satunya kegiatan di bidang pemasaran. Beceran merupakan startup yang bergerak di bidang agribisnis yang bertujuan untuk membantu konsumen dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga, khususnya produk sayur dan buah. Pemanfaatan promosi online yang tepat serta membangun brand trust antara perusahaan dan konsumen, dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tahapan keputusan pembelian konsumen yang dilakukan secara online dapat dianalisis menggunakan teori AISAS Model. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas promosi dan brand trust yang dilakukan Beceran, menganalisis tahapan keputusan pembelian yang dilalui konsumen berdasarkan AISAS Model, serta menganalisis pengaruh promosi dan brand trust terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner online dan jumlah responden yang diteliti sebanyak 80 responden. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki pengaruh positif dan sangat signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada analisis tahapan keputusan pembelian, konsumen Beceran melakukan tahapan keputusan pembelian sesuai dengan teori AISAS Model (attention, interest, search, action, share).

Kata kunci: Pemasaran Online, Promosi, Brand Trust, Keputusan Pembelian, AISAS Model 


Keywords


Pemasaran Online, Promosi, Brand Trust, Keputusan Pembelian, AISAS Model

Full Text:

PDF

References


Adlan, H., & Indahingwati, A. (2020). Analisis Model AISAS Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Penggunaan SEO (Kajian Empiris Konsumen Di Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–15.

Arifi, M. H. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pakaian Wanita The Executive di Surabaya. STIE Pebanas Surabaya.

Arum, P. P. P. (2021). Pengaruh Karakteristik Konsumen, Keterdedahan Media Sosial Instagram, dan Loyalitas Konsumen Terhadap Efektivitas Promosi (AISAS Model) di Bakoel Sayur Malang. Universitas Brawijaya.

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, (June). Retrieved from apji.or.id.

Gio, P. U. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan Software SmartPLS. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th Edition). London: Perason Education.

Kirana, C. D., & Junaedi, M. F. S. (2016). Pengaruh Kualitas Website, E-WOM, Perceived Benefits, dan Kepercayaan Terhadap Sikap Pada Belanja Online di Lazada. Jurnal Universitas Atma Jaya, 20(1), 1–15.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principle of Marketing (15th Edition). London: Pearson Inc.

Narimawati, U., Sarwono, J., Munawar, D., & Winanti, M. B. 2020. Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

NST, M. F. R., & Yasin, H. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(02), 135–143.

Saputra, D., Ishak, R., & Setiaji, S. (2019). Perancangan Website E-Commerce Sebagai Media Penjualan Miniatur Bus. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 87. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.831.

Sibarani, S. O. F. (2021). Pengaruh E-WOM Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran di Bos Sayur Malang yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen. Universitas Brawijaya.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & Zainurossalina, S. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan Televisi. Jurnal Manajemen, 9(2), 76–84.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram ( Studi Deskriptif Pada Akun @ Subur _ Batik ). Widya Cipta : Jurnal Sekretasi dan Manajemen, 2(2), 271–278.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.