Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Herbal Melalui Sikap dan Minat Beli Konsumen Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian melalui sikap dan niat membeli sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan sampel sebanyak 105 orang konsumen kopi herbal “Akar Jaya” di Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Untuk analisis data menggunakan analisis SEM-PLS dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pelanggan, namun bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli. Temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa sikap dan niat beli berperan memediasi antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian, terbukti dengan hasil yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdelhady, M. R. , Fayed, H. A. , & and Fawzy, N. M. (2019). The Influence of Airlines’ Marketing Mix Elements on Passengers’ Purchasing Decision-Making: The Case of FSCs and LCCs. https://www.researchgate.net/publication/332544844
Brown, A. M. , & & Smith, J. K. (2020). The Impact of Supervisor Support on Employee Job Satisfaction: The Mediating Role of Salary Satisfaction and Pleasant Work Environment. . Journal of Applied Psychology, 105(3), 375–385.
Ghozali, I. , & & Latan, H. (2016). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, F., Ali, M. M., & and Nugroho, A. (2019). Analysis of the Effects of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Consumer Attitude and Their Impacts on Purchase Decision on PT Tokopedia In Jabodetabek. European Journal of Business and Management Research, 4(5). https://doi.org/10.24018/ejbmr.2019.4.5.100
Hair, J. F. , Jr. , William C. B., Barry, J. B. , & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson Education Limited. Harlow. England.
Husain, A. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan Smart PLS 3.0. Malang: Modul Ajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2014). Obat Herbal Tradisional. Warta Ekspor: Jakarta. Ditjen PEN/MJL/005/9/2014.
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Laporan Informasi Industri Tahun 2020.
Kotler, & & Keller. (2016). Manajemen Marketing (15th ed.). Pearsion Prentice Hall. .
Nagara, D. N., & and Hendrati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 55–61. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001
Nuraini, R. A. , & & Kurnianingsih, H. (2021). Marketing Mix Effect on Purchase Decision of Traditional Jamu Sabdo Palon. 4(4), 2478–2485.
Setiawan, B. (2015). Pengaruh Brand Image dan Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Pada Eskrim Wall’s di Pekanbaru. Jom FEKON, 2(1).
Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). http://www.pearsonmylabandmastering.com
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Triayuni, L. G. N. P. , Parining, N. , & & Wijayanti, P. U. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Hijau di Ubud Organic Market Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 9(2).
Varian, H. R. (2014). Intermediate Microeconomics A Modern Approach Ninth Edition.
Wongleedee, K. (2015). Marketing Mix and Purchasing Behavior for Community Products at Traditional Markets. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 2080–2085. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.323
Yamin, S. , & & Kurniawan, H. (2013). Structural Equaton Modeling, Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner dengan Lisrel-PLS. Salemba Empat.
Yani, A. S., & & Rani, R. (2022). Effect of Marketing Mix and E-Wom on Consumer Purchase Decisions by Moderating Buying Interest during the Covid’19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) , 5(2). https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5198
Yusnaini, M. S. R. , & & Djogo, Y. O. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Pembelian Dan Implikasinya Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belajar Edulab Bandung). Jurnal Techno-Socio Ekonomika USB YPKP Edisi Khusus .
DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.22
Refbacks
- There are currently no refbacks.