Pengaruh Whatsapp Business Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Day Old Chicken Kampung Unggul Balitbangtan (Kub) Di Jawa Timur

Luluk Irmawati, Sefri Ton, Ninik Sri Rahayu Wilujeng, Dani Agung Wicaksono, Mita Ayu Liliyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Jawa Timur (BSIP Jawa Timur). Penelitian ini menggunakan dua variabel independent yaitu WhatsApp business dan kualitas pelayanan. Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen DOC ayam KUB di BSIP Jawa Timur. Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 60 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Metode ini menggunakan responden dengan kriteria yang sudah ditentukan antara lain, konsumen yang telah membeli DOC ayam KUB di BSIP Jawa Timur melalui pesan WhatsApp business, usia minimal 17 tahun, dan konsumen yang berada di BSIP Jawa Timur. Hasil penelitian berdasarkan uji F menunjukkan bahwa nilai sig. 0.000 < 0.05 yang berarti variabel WhatsApp business dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel whatsapp business dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh sifnifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel WhatsApp business memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya

Keywords


Whatsapp Business; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Annur, M. C. (2022). Pengguna WhatsApp Terus Bertambah, Ini Jumlahnya Sekarang. Databoks. 1-1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/07/pengguna-whatsapp-terus-bertambah-ini-jumlahnya-sekarang [Akses: 19 Februari 2023]

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing science, 48(1), 79-95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

Bazi, S., Filieri, R., & Gorton, M. (2023). Social media content aesthetic quality and customer engagement: The mediating role of entertainment and impacts on brand love and loyalty. Journal of Business Research, 160, 113778. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.113778

Chaerudin, S. M., & Syafarudin, A. (2021). The effect of product quality, service quality, price on product purchasing decisions on consumer satisfaction. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 2(1), 61-70. https://doi.org/10.52728/ijtc.v2i1.202

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. (2023). Statistik Produksi Ternak 2018-2012. https://disnak.jatimprov.go.id/web/data/statistikproduksi [Akses: 11 Agustus 2023]

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analysis of Price, Promotion, and Service Quality To Consumer Satisfaction on Manado Grace Inn Hotel. Jurnal EMBA. 3(1). 1313-1322.

Hoi, H. T. (2020, February). Attractiveness of Online Marketing in the Age of Industry 4.0. In Proceedings of the 2020 The 6th International Conference on E-Business and Applications (pp. 1-4). https://doi.org/10.1145/3387263.3387264

Junaedi, A. T., Wijaya, E., & Manullang, M. (2020). Building Consumer Satisfaction to Improve Consumer Trust through Service Quality and Consumer Experience in JNE Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(3), 504-510. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.03.10

Kotler, P., Molan, B., Sarwiji, B., & Lane, K. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. 6(1). 33-39.

Mason, A. N., Narcum, J., & Mason, K. (2021). Social media marketing gains importance after Covid-19. Cogent Business & Management, 8(1), 1870797. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1870797

Prihatna, K. A., Ayal, R., Sistarani, M., & Christanti, Y. (2019). What Whatsapp status enables reseller to do as channel. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(9), 44-55.

Ramadhayanti, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan. Al-Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen. 8(1). 94-104. http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4161

Sedalo, G., Boateng, H., & Kosiba, J. P. (2022). Exploring social media affordance in relationship marketing practices in SMEs. Digital Business, 2(1), 100017. https://doi.org/10.1016/j.digbus.2021.100017

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Bandung: Alfabeta.

Ton, S., Hilal, M. I., & Widakdo, D. S. (2021). Prospek Pengembangan Integrasi Limbah Pertanian Dan Pemeliharaan Maggot Black Soldier Fly Sebagai Pakan Ayam Kampung Di Desa Bulusari Banyuwangi. Partner, 26(2), 1616-1629. http://dx.doi.org/10.35726/jp.v26i2.521

Urfa, S., Indijani, H., & Tanwiriah, W. (2017). Model Kurva Pertumbuhan Ayam Kampung Unggul Balitnak ( KUB ) Umur 0-12 Minggu. Jurnal Ilmu Ternak. 17(1). 59-66. https://doi.org/10.24198/jit.v17i1.14863

Wan, W. S., Dastane, D. O., Mohd Satar, N. S., & Ma’arif, M. Y. (2019). What WeChat can learn from WhatsApp? Customer value proposition development for mobile social networking (MSN) apps: A case study approach. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. https://ssrn.com/abstract=3345134

Zarei, G., Asgarnezhad Nuri, B., & Noroozi, N. (2019). The effect of Internet service quality on consumers’ purchase behavior: The role of satisfaction, attitude, and purchase intention. Journal of Internet Commerce, 18(2), 197-220. https://doi.org/10.1080/15332861.2019.1585724




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.