Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Untuk Bermitra Dengan Perusahaan Lemon Di Banyumas Jawa Tengah

Diffa Ardiwana Nor Iswantara, Rika Nalinda, Ananti Yekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola kemitraan antara petani lemon dengan pihak perusahaan dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan petani untuk bermitra dengan perusahaan lemon di Banyumas Jawa Tengah. Penentuan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani untuk bermitra dengan perusahaan lemon di Banyumas Jawa Tengah menggunakan analisis regresi logistik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga bulan Juni 2023 berlokasi di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan kuesioner. Analisis Regresi logistik dilakukan terhadap 10 faktor yang mempengaruhi keputusan petani bermitra antara lain umur, tingkat pendidikan, luasan lahan, pendapatan, pengalaman, sarana prasarana, permodalan, bantuan pemasaran, tenaga kerja, bimbingan. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan petani untuk bermitra dengan perusahaan lemon di Banyumas Jawa Tengah ada 3 faktor yaitu pengalaman, sarana prasarana, dan permodalan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pola kemitraan petani lemon dengan pihak perusahaan lemon di Banyumas termasuk kedalam pola dagang umum dan faktor yang berpengaruh kepada petani untuk bermitra dengan perusahaan lemon di Banyumas yaitu pada faktor pengalaman, sarana prasarana, dan permodalan.


Keywords


Bermitra; Keputusan Petani: Analisis Logistik

Full Text:

PDF

References


Dharma, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Petani Kakao Bermitra Dengan PT Mars (Studi Kasus Di Desa Cendana Hijau Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur). Vol. 4 No. 2

Dewi, B. P. K., Setiawan, B., & Isaskar, R. (2011). Analisis Kemitraan PT. Benih Citra Asia dengan Petani Tomat (Lycopersicum esculentum, Mill) (Studi Kasus di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi). HABITAT, 22(2).

Erliadi, E. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Menggunakan Benih Varietas Unggul Pada Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa, L) Di Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 2(1), 91–100.

Fahmi, D. A. (2005). Studi Komparatif Perilaku Bisnis Petani Cabai Kemitraan dan Non Kemitraan Kecamatan Pakem Kabupaten Seleman. Skripsi. Fakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.

Hakim, L., & Sutami, N. P. (2017). Rancang Bangun Model Kemitraan Sinergis dalam Pengembangan Klaster Agribisnis Kentang. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 24(2), 44–61.

Hosmer, D. W., S, Lemeshow dan R. X. Sturdivant. 2013. Applied Logistic Regression. Edisi 3. John Wiley and Sons Inc, Canada

Khoir, A. M., E.K, & N.W. (2020). Minat Petani Terhadap Penggunaan Biourine Sebagai Pupuk Organik Cair Pada Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum. L) Di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 791–798.

Mulyaqin, T., Astuti ., Haryani, D. 2015. Faktor Yang Mempengaruhi Petani Padi Dalam Pemanfaatan Sumber Permodalan : Studi Kasus Di Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Pakraini, A. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Petani Terhadap Peranan Kelompok Tani Padi Sawah (Kasus : Desa Karang Anyar , Kecamatan Beringin , Kabupaten Deli Serdang). Universitas Sumaatera Utara Medan.

Panurat, S. M. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Berusahatani Padi Di Desa Sendangan Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa. In Cocos. Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado, 4(5).

Priandika, I. M. S., Antara, M., & Yudhari, I. D. A. S. (2015). Pola Kemitraan Komoditi Padi Sawah antara P4S Sri Wijaya dengan Subak Batusangian, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Jurnal Agribsinis dan Agrowisata, 4(4), 230–240.

Rahmawati, N. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Mengikuti Kemitraan Pada Usahatani Cabai Merah Keriting di Kecamatan Pakem Kabupaten Seleman. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Vol. 17 No. 2 Hal.98-109.

Rustiana, A. 2010. Efektivitas Pelatihan Bagi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika Manajemen. 1 (2):137-143

Solihat, K. (2019). Usaha Berkebun Jeruk Lemon Sukses di Perkebunan Pamegatan.

Sumardjo, D. (2004). Teori dan Praktik Kemitraan Agribisnis. Penebar Swadaya.

Sumarni, M., Suprihanto, J. 2014. Pengantar Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan. In Pengantar Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan.

Suriati, N. N., Dewi, R. K., & Djelantik, A. A. A. W. S. (2015). Pola Kemitraan Antara Petani Heliconia dengan Sekar Bumi Farm di Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 4(4), 241–249.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2024.008.02.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.