Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Pembelian Benih Padi Varietas Ciherang Pada Petani di Kabupaten Sragen

Raynisa Aldina Murshid, Titik Ekowati, Siswanto Imam Santoso

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis jumlah pembelian benih padi varietas Ciherang dan menganalisis pengaruh harga benih, selera petani, kesesuaian lahan, mutu benih dan produktivitas terhadap jumlah pembelian benih padi varietas Ciherang di Kabupaten Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Lokasi penelitian dipilih secara purposive di Kabupaten Sragen. Responden ditentukan dengan metode snowball sampling. Jumlah responden ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 100 responden kemudian dihitung dengan proportional sampling untuk dua kecamatan, Kecamatan Sidoharjo sebanyak 38 responden dan Kecamatan Masaran sebanyak 62 responden. Responden yang dipilih yaitu petani yang membeli dan menerapkan benih padi varietas Ciherang. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November – Desember 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang dibantu dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata jumlah pembelian benih padi varietas Ciherang di Kabupaten Sragen sebesar 29,55 kg/ha/musim tanam. Variabel bebas secara serempak berpengaruh terhadap jumlah pembelian benih padi varietas Ciherang. Variabel selera petani, mutu benih dan produktivitas secara parsial berpengaruh terhadap jumlah pembelian benih padi varietas Ciherang, sedangkan variabel harga benih dan kesesuaian lahan tidak berpengaruh terhadap jumlah pembelian benih padi varietas Ciherang.


Keywords


benih, padi, pembelian, varietas Ciherang

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Keempat. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Badan Litbang Pertanian. 2007. Hasil Riset Varietas Unggul. http://www.litbang.pertanian.go.id/varietas/?l=&k=&n=way&t=&sv. Diakses pukul 20.30 WIB, tanggal 31/10/2018.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sragen. 2018. Kabupaten Sragen Dalam Angka 2018. Sragen.

Direktorat Perbenihan. 2011. Laporan tahunan Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan Tahun 2011.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro, Semarang.

Hafidh, Muhammad. 2009. Pengaruh Tenaga Kerja, Modal, dan Luas Lahan terhadap Produksi Usahatani Padi Sawah. Universitas Negeri Semarang, Semarang. (Skripsi).

Hutabarat, T.G., Sumaryo Gs dan S. Situmorang. 2013. Analisis loyalitas petani terhadap benih padi unggul di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis 1(3):254–263.

Irawati, Nike. 2009. Analisis Sikap dan Kepuasan Petani Padi terhadap Benih Padi (Oryza sativa) Varietas Unggul di Kota Solok, Sumatera Barat. Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Skripsi).

Kartina A.M. 2010. Evaluasi potensi genetis pertumbuhan dan produksi varietas unggul bary tanaman padi (Oryza sativa) di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jurnal Agroekotek 2(2):18–23.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis. Erlangga, Jakarta.

Ramadhan, Fahmi. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian petani dalam memilih padi bersertifikat PT SHS (Sang Hyang Seri) di Kabupaten Bogor. Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Skripsi).

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Siata, R. 2016. Faktor – faktor yang mempengaruhi petani dalam penerapan benih padi varietas Ciherang di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu. Jurnal Sosiohumaniora 18(3):240–247.

Syamsiah, Siti. 2016. Sikap dan Preferensi Petani terhadap Penggunaan Benih Padi Varietas Unggul di Kabupaten Subang Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Tesis).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.