Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Taman Bunga Celosia di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Dea Amelia Silaen, Tutik Dalmiyatun, Sriroso Satmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Taman Bunga Celosia di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2018 di Taman Bunga Celosia, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penentuan sampel yang digunakan dengan cara probability sampling dengan teknik cluster sampling. Jumlah sampel dipenelitian ini adalah sebanyak 63 orang yang telah dihitung menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis deskriptif bahwa kompetensi, kepemimpinan, motivasi, lingkungan kerja dan kinerjaa karyawan termasuk kategori tinggi dengan persentase masing-masing sebesar 92%, 90,5%, 90,5%, 89%, dan 92%. Berdasarkan uji regresi linear berganda bahwa kompetensi, kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan untuk kompetensi dan lingkungan kerja, sedangkan untuk kepemimpinan dan motivasi tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Keempat faktor tersebut mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 59,2%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


kompetensi, kepemimpinan, motivasi, lingkungan kerja, kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2010. Statistik Indonesia Tahun 2010, Jakarta.

Busro, M. 2018. Teori-Teori Sumber Daya Manusia. Prenadamedia Group, Jakarta.

Cahyono, B. dan Suharto. 2005. Pengaruh budaya organisai, kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja sumber daya manusia di sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah. J. JRBI. 1 (1) : 83-103.

Delti. 2015. Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada pt. Trubaindo coal mining di kabupaten kutai barat. J. Ilmu Administrasi Bisnis. 3 (2) : 495-506.

Fitriani, Y. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengunjung Agrowisata Taman Wisata Mekarsari dengan Menggunakan Metode Kontingensi. Fakultas Pertanian. IPB, Bogor.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasibuan, M. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Kamif, M., M. D. Mukzam, dan G. E. Nurtjahjono. 2016. Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja (studi kasus karyawan hotel aria gajayana malang). J. Administrasi Bisnis. 38 (1) : 89-96.

Koesmono. 2007. Pengaruh kepemimpinan dan tuntutan tugas terhadap komitmen organisasi dengan variabel moderasi motivasi perawat rumah sakit swasta surabaya. J. Manajemen dan Kewirausahaan. 9 (1) : 30-40.

Kreitner, R. dan K. Angelo. 2005. Perilaku Organisasi. Salemba Empat, Jakarta.

Nawawi, H. 2010. Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk Organisasi yang Kompetitif. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Riyanda, M. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyawan, A. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan (studi kasus pada tiga perusahaan fabrikasi lepas pantai di batam dan karimun). J. Akuntansi dan Manajemen. 2 (1) : 66-89.

Sugiarto, A. 2014. Pengaruh tingkat kompetensi terhadap kinerja pegawai administrasi perkantoran. J. Ekonomi dan Bisnis. 17 (1) : 1 – 18.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suprihati. 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan perusahaan sari jati di sragen. J. Paradigma. 12 (1) : 1 – 20.

Sutrisno, E. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.