Analisis Implementasi Manajemen Rantai Pasok Beras di Perum Bulog Gudang Singakerta Kabupaten Indramayu

Yayat Rahmat Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan pola rantai pasokan beras di Kabupaten Indramayu. Kedua, menganalisis model manajemen rantai pasokan beras yang diterapkan oleh Perum Bulog Gudang Singakerta Kabupaten Indramayu. Ketiga, menganalisis pola distribusi yang dilakukan Perum Bulog bagi pemenuhan kebutuhan beras masyarakat. Penelitian dilakukan selama dua belas bulan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualititatif melalui pendekatan survei. Penelitian dilakukan di Perum Bulog Gudang Singakerta Kabupaten Indramayu. Metode pengumpulan dilakukan dengan wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD) dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dengan dibantu analisis Manajemen Rantai Pasok. Hasil penelitian membuktikan bahwa; pertama, skema rantai tataniaga beras di Kabupaten Indramayu cukup panjang dan melibatkan banyak lembaga tataniaga, kedua, lembaga yang paling bersa mendapatkan keuntungan bisnis beras adalah para tengkulak karena mereka memiliki kekuatan modal untuk membeli gabah dari para petani produsen. Ketiga, Perum Bulog di Gudang Singakerta menerapkan manajemen banyak pemasok yaitu para Mitra Kerja Pengadaan (MKP) yang terdiri dari CV dan PT, Koperasi tani Kelompoktani, perusahaan darang yang melakukan kontrak pengadaan beras. Penerapan banyak pemasok dengan melakukan strategi kompetisi antar pemasok sehingga menghasilkan kualitas beras yang baik dan target penyerapan terpenuhi sesuai kapasitas gudang yang dimiliki.


Keywords


Manajemen Rantai Pasok; Perum Bulog; Beras

Full Text:

PDF

References


Mustaniroh, SA., Kurniawan, ZAB., & Deoranto, P. (2019). Evaluasi Kinerja pada Green Supply Chain Management Susu Pasteurisasi di Koperasi Agro Niaga Jabung. Industri: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 1 (8), 57-66.

Arifin. B., 2007. Diagnosi Ekonomi Politik Pangan dan Pertanian, Rajawali Press. Jakarta.

Carter Wuwung, Stevany, (2013). Manajemen Rantai Pasokan Produk Cengkeh Pada Desa Wawona Minahasa Selatan, Jurnal EMBA Vol 1. No. 3 Juni 2013, Hal. 230-238. Dikutip pada lama http://media.neliti.com.

Hakim, BD., (2009). Bunga Rampai Agribisnis Seri Pemasaran, IPB Press, Bogor

Hanafie. R 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hasan, Alizar, dkk (2016). Perancangan Model Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Berbasis Lean dan Green Menggunakan Balance Score Card di PT P&P Lembah Karet. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol 15 No. 1, April 2016: 33-46.

Hidayat, R., (2016). Analisis Stakeholders Rantai Pasok Beras di Kabupaten Indramayu. Jurnal Logika, Lembaga Penelitian Univeristas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.

Mubyarto, (1989). Pengantar Ekonomi Pertanian, LP3ES, Jakarta .

Pongoh, Monica A., (2016). Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Pabrik Gula Aren Masarang, Jurnal EMBA Vol 4. No. 3 September 2016, Hal. 695-704. Dikutip pada lama http://media.neliti.com.

Pujawan, IN., & Mahendrawathi ER., (2010). Supply Chain Management Edisi Kedua, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sugiono, (2015), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sukirno. S, (2010). Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi ketiga, Rajawali Press. Jakarta Koran Kompas 31 Januari 2012.

Sukrisno, Acep, 2006. Analisisi Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus: Perum Bulog Sub Divre Kabupaten Cirebon), (http://repository.ipb.ac.id).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.