Pengaruh Word of Mouth dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Gethuk (Studi Kasus Gethuk Semar)

Mega Ayu Kusuma, Agustono Agustono, Nuning Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian gethuk studi kasus Gethuk Semar. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan survei. Metode penentuan lokasi dalam penelitian ini secara purposive. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis quota sampling. Sampel berjumlah 100 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dengan google forms dan offline di rumah produksi Gethuk Semar. Pengujian instrumen dan analisis data menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian gethuk studi kasus Gethuk Semar. Variabel asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian gethuk studi kasus Gethuk Semar. Variabel persepsi kualitas berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian gethuk studi kasus Gethuk Semar.


Keywords


Dimensi Ekuitas Merek, Word of Mouth, Gethuk Semar, SmartPLS, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker. 1996. Measuring Brand Equity Across Products and Markets. California Management Review. Vol 38 (3) : 102-120

Ahmad dan Sherwani. 2015. An Empirical Study on the Effect of Brand Equity of Mobile Phones on Consumer Satisfaction. International Journal of Marketing Studies. Vol 7 (2)

Akdon dan Ridwan. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika cetakan kedua. Bandung : Alfabeta

Alwi, I. 2011. Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif. Vol 2 (2) : 140-148

Astuti dan Cahyadi. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Dalam Majalah Ekonomi. 17(2) : 145- 156

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Statistik Indonesia Dalam Angka. Surakarta : BPS

Eliza, Ery dan Cory. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Buah di Pasar Arengka (Pasar Tradisional) dan Giant Hypermarket (Pasar Modern) di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Indonesian Journal of Agricultural Economics. Vol 2 (1)

Fatimah. 2014. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah pada Konsumen Al Yasini Mart Wonorejo. Jurnal Sketsa Bisnis. Vol 1 (2)

Ghozali. 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan PARTIAL LEAST SQUARES (PLS) Edisi 4. Semarang: Universitas Diponegoro.

Habir, Zahara dan Farid. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. Vol 4 (3) : 211-218

Hamdi, A.S dan Bahruddin E. 2014. Metode Penelitian Kauntitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Hsu. Oh, H dan Assaf. 2012. A Costumer Based Brand Equity Model for Upscale Hotels. SAGE Publication Journal of Travel Research. Vol 51 (1) : 81-93

Hyun. S. S., dan Kim. W. 2011. Dimensions of Brand Equity in The Chain Restaurant Industry. SAGE Publications Cornell Hospitality Quarterly. Vol 52 (4) : 429-437

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2019. Strategi Kemenperin Bidik Pertumbuhan Industri Agro 7,7 Persen. www.kemenperin.go.id. Diakses pada 11 April 2019

Kim, G dan Kim, H. 2004. Measuring Costumer-Based Restaurant Brand Equity. Cornell University. Vol 45 (2) : 115-131

Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran, jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kumar dan Ghodeswar. 2014. Factors Affecting Consumers Green Product Purchase Decisions. Marketing Intelligence and Planning. Vol 3 (3) : 330-347

Natalia dan Mulyana. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Vol 2 (2)

Novitasari, L dan Pambudi, H. 2014. Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Urban Di Unesa. Paradigma. Vol 2 (3)

Putri, S.C. 2016. Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol 1 (5)

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sulaiman dan Ronnie, SN. 2018. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Singkong (Studi Kasus Sentra Produksi Kripik Singkong Pedas di Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. Vol 5 (1)

Susanti, S dan Kurniawati, D. 2013. Elemen Ekuitas Merek dalam Keputusan Pembelian Laptop. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol 1 (1)

Udayana, G.B. 2011. Peran Agroindustri Dalam Pembangunan Pertanian. Jurnal Singhadwala. Edisi 44

Voyer dan Ranaweena. 2015. The Impact of Word of Mouth on Service Purchase Decisions Examining Risk and The Interaction of Tie Strenght and Involvement. Journal of Service Theory and Practice. Vol 25 (5) : 636-656

Zarei dan Kazemi. 2014. The Impact of Positive Word of Mouth on Store Brand Purchase Intention with Mediated Effect of Store Image and Perceived Risk Towards SBs. Journal of Accounting and Marketing. Vol 3 (1)




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.