Analisis Faktor-Faktor Marketing Mix (7P) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Wedangan Lawang Djoendjing di Kota Surakarta

Salafus Asbabun Imam, Nuning Setyowati, Isti Khomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian di wedangan Lawang Djoendjing, dan menganalisis variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian di wedangan Lawang Djoendjing. Metode dasar penelitian adalah deskriptif dan analitik. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive mengambil lokasi di wedangan Lawang Djoendjing di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Metode penentuan responden dilakukan dengan Convenience sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS (1) Transformasi Data untuk mengubah data kuisioner likert menjadi data ordinal, (2) Uji Validitas dan Reliabilitas untuk mengetahui apakah butir kuesioner valid dan reliable (3) Analisis Faktor dengan aplikasi SPSS. Hasil analisis faktor menunjukkan presentase total varian 66,363%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini mampu menjelaskan faktor marketing mix yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada wedangan Lawang Djoendjing 66,363%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 variabel, terbentuk 5 faktor inti berdasarkan faktor marketing mix dan menghasilkan 25 variabel yang mempengaruhi terbentuknya faktor baru. Faktor tersebut adalah faktor lingkungan fisik, faktor penampilan, faktor tempat dan harga, faktor desain dan faktor promosi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada wedangan Lawang Djoendjing. Variabel yang dominan disetiap faktor antara lain kebersihan ruang makan, iklan media cetak, lokasi penjualan, desain furniture dan informasi mulut ke mulut

Keywords


Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Marketing Mix, Wedangan

Full Text:

PDF

References


Baker, Michael. 2000. Marketing Strategy and Management. London: Palgrave Macmillan.

Djunaid, Suryono. 2018. Analisis Bauran Pemasaran (Marketing mix) Jasa Penginapan Berbasis Syariah di Hotel Sofyan Inn Srigunting Bogor. Jurnal Fame. vol 1 (1): 1 – 43.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualittatif. Yogyakarta : Graha Ilmu

Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary. 2009. Principles of Marketing. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Monroe, Kent. 2005. Marketing Antecedent of Industrial Brand Equity: An Empirical Investigation in Specialty Chemical. Industrial Marketing Management. Vol 12 (1): 841 – 847.

Park, Jihye. 2006. Psychological and environmental antecedents of impulse buying tendency in the multichannel shopping context. Journal of Consumer Marketing. Vol 23. No 2.

Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandy. 2001. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sarjono, Haryadi., dan Julianita, Winda. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Penerbit Salemba empat.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, Bilson. 2005. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius.

Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariate Terapan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.