Pelayanan & Manfaat Koperasi serta Pengaruhnya terhadap Partisipasi Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Jurai Siwo Ragem Kota Metro

Indah Listiana, Ktut Murniati, Abdul Mutolib, Helvi Yanfika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pada Koperasi Jurai Siwo Ragem, menganalisis manfaat Koperasi dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan manfaat koperasi terhadap partisipasi anggota Koperas yang dilaksanakan di Koperasi Jurai Siwo Ragem. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2019. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatifi dengan informan dan responden penelitian sebanyak 12 orang yang merupakan pengurus dan anggota koperasi. Data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan tabulasi.Pelayanan Koperasi Jurai Siwo Ragem Metro dinilai berdasarkan persepsi anggota koperasi.  Penilaian didasarkan pada 5 (lima) aspek yang meliputi (1) aspek tampilan fisik (tangibles), (2) aspek keterandalan (realibilities), (3) aspek daya tanggap (esponsiveness), (4) kemampuan dalam memberikan jaminan (assurance), dan (5) aspek kemampuan memberikan perhatian personal (emphaty). Secara umum pelayanan Koperasi dinilai cukup memuaskan hingga sangat memuaskan.  Anggota koperasi Jurai Siwo Ragem memperoleh manfaat ekonomi dan non-ekonomi. Bentuk manfaat yang dirasakan anggota diantaranya anggota memiliki tempat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan memiliki lembaga simpan pinjam untuk memenuhi kebutuhannya.  Anggota Koperasi Jurai Siwo Ragem Metro menilai manfaat pada kategori memuaskan dan sangat.  Patisipasi anggota Koperasi Jurai Siwo Ragem Kota Metro terbagi atas 3 (tiga) hal yaitu: 1) Hadir dalam Rapat Anggota Tahunan, 2) Pembayaran simpanan yang meliputi simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan lain, 3) Pemanfaatan pelayanan pada unit usaha simpan pinjam dan pengadaan barang serta jasa.  Partisipasi anggota koperasi dipengaruhi kualitas layanan dan manfaatan yang diterima anggota koperasi.

Keywords


Layanan, Manfaat, Partisipasi, dan Koperasi Jurai Siwo Ragem

Full Text:

PDF

References


Subagyo, A. 2017. Tata Kelola Koperasi Yang Baik. Gramedia. Jakarta.

Arifin, J. 2002. Manajemen Koperasi. Gramedia. Jakarta.

Bernhard, L. 2012. Pengusaha Koperasi. Margaretha Pustaka. Jakarta.

Edilius dan Sudarsono. 2010. Manajemen Koperasi Indonesia. Rineka. Jakarta.

Hatta, M. 1985. Ekonomi Indonesia di Masa Datang 1977, dalam Sri Edi Swasono, Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. UI Press. Jakarta.

Hendar & Kusnadi. 2005. Ekonomi Koperasi. Lembaga Penerbit UI. Jakarta. Ilmu. Bandung.

Listiana, I. 2010. Faktor Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan kemitraan penggemukan sapi potong antara PT. Great Giant Livestock Company (GGLC) dan peternak sapi di Kabupaten Lampung Tengah. [Tesis]. Lembaga Penerbit UNS Surakarta.

Musoleha T, Hasanuddin T, Listiana I. 2014. Persepsi Masyarakat terhadap Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). JIAA 2 (12):390-398

Baswir, R. 2000. Koperasi Indonesia. BPFE. Yogyakarta.

Rayesa, NF. 2018. Analisis Kinerja Koperasi Susu dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Ekonomi Pertania dan Agrbisnis (JEPA) 2 (2): 138-146

Singarimbun, M., dan Sofian E. 1989. Metode Penelitian Survei. LP3S. Jakarta.

UU RI Nomor 25 Tahun 1992. 1992.Perkoperasian. Dinas Koperasi. Bandung. Edilius, dan Sudarsono, 1993 . Koperasi dalam Teori dan Praktik . PT. Rineka Cipta . Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.