Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Susu di Desa Bangelan Kabupaten Malang

Rio Ardiansyah, Hari Dwi Utami, Bambang Ali Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis nilai tambah produk olahan susu kambing di Rumah susu Desa Bangelan: (2) Mengetahui pendapatan dari produk olahan susu: (3) mengetahui keuntungan per produk olahan susu kambing. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari sampai bulan maret 2020 di Desa Bangelan Kabupaten Malang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu dimana pengambilan sampel didasarkan pada kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh penulis. Responden pada penelitian ini adalah peternak, pengolah rumah susu, dan konsumen. Responden pada penelitian ini adalah peternak, pengolah rumah susu, dan konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik value added analysis, yaitu adanya perlakuan suatu input terhadap suatu proses produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan dari produk yoghurt adalah Rp. 1.175.208,35 per bulan dan Rp. 9.793,40 untuk per produk yoghurt. Sedangkan keuntungan yang diperoleh produk permen susu per bulannya adalah Rp. 874.250,03 dan Rp. 5.828,33 per produk permen susu. Nilai tambah yang dihasilkan oleh produk yoghurt Rp. 9.793,54 dan produk permen susu yaitu  Rp. 6.369,48 per produknya. Nilai tambah yang dihasilkan cukup menjanjikan untuk perkembangan rumah susu kedepannya, dengan inovasi produk tentunya akan lebih menambah nilai suatu produk tersebut.


Keywords


susu kambing, pendapatan, keuntungan, nilai tambah

Full Text:

PDF

References


Anam, K. 2014. Analisis Rntai Nilai Kambing di UD. Harokah Barokah Bogor. (Skripsi Sarjana Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta).

Badan Ketahanan Pangan. 2019. Kebijakan dan Program Pembangunan Ketahanan Pangan Tahun 2020. Pertemuan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan). Kementrian Pertanian, Bogor.

Dilana, I.A. (2013). Pemasaran dan nilai tambah biji kakao di Kabupaten Madiun Jawa Timur. (Tesis Magister Sains, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor).

Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan (2017). Sub Sektor Peternakan http://www.pertanian go.id/ap_pages/mod/datanak diakses pada tanggal 18 Maret 2018.

Hasyim, A. I. 2012. Tataniaga Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. 2003. Manajemen Strategis. Andi. Yogyakarta.

Marimin., dan Nurul. 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Rantai Pasok. IPB Pers, Bogor.

Sodiq, A., Abidin, Z. 2008. Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Soekardono. 2009. Ekonomi Agribisnis Peternakan, Teori dan Aplikasinya. Akademika Pressindo. Jakarta.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cob-Douglas. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia Pers, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.