Perancangan Model Bisnis Kopi Tapanuli Utara Menggunakan Model Bisnis Kanvas pada Startup Trafeeka Coffee

Reynaldi Hasian Yehezkiel, Dwi Purnomo, H Roni Kastaman

Abstract


Kopi Tapanuli Utara memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan berdasarkan kapasitas produksi serta kualitas yang dimiliki. Kurangnya publikasi serta pemasaran yang dilakukan terhadap kopi Tapanuli Utara menjadi masalah utama yang dihadapi. Perancangan model bisnis yang dilakukan pada Trafeeka Coffee dilakukan untuk meningkatkan penjualan kopi Tapanuli Utara, meningkatkan publikasinya kepada masyarakat serta melakukan inovasi dan pemasaran terhadap konsumen kopi Trafeeka. Riset ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan pendekatan Model Bisnis Kanvas dan tools dari buku Design a Better Business sebagai rujukan yang dievaluasi sebanyak tiga kali. Hasil riset ini menunjukan bahwa rancangan model bisnis yang dihasilkan mampu meningkatkan penjualan kopi Tapanuli Utara pada Trafeeka Coffee, menghadirkan berbagai inovasi produk, meningkatkan kapasitas tenaga kerja, membangun relasi dengan berbagai petani dan rekan kerja lainya serta meningkatkan publikasi dan pemasaran kopi Tapanuli Utara melalui media sosial. 

Keywords


Business Model Canvas; Kopi Tapanuli Utara ; Design a Better Business

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika (2017) Tarutung dalam Angka. Available at: https://tapanuliutarakab.bps.go.id/publication/2017/09/24/bc33d2465fa1c72d4b898ce5/kecamatan-tarutung-dalam-angka-2017.html.

Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara (2014) Taput Raih Cita Rasa Terbaik pada Pameran Kopi di Jakarta. Available at: https://distanbuntaput.wordpress.com/2014/12/10/taput-raih-cita-rasa-terbaik-pada-pameran-kopi-di-jakarta/.

Immanuel, D. and Situmeang, H. (2012) ‘Identifikasi Pengaruh Komoditi Kopi Terhadap Perkembangan Perekonomian Masyarakat Di Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara’.

Purba, S. (2013) ‘Masalah Pemasaran Kopi di Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara’.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.03.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.