Strategi Pengembangan Agroindustri Sari Apel “Lestari” (Studi Kasus di Koperasi Lestari Makmur, Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang)

Ghea Hapsari Anggraini, Nuhfil Hanani, Wisynu Ari Gutama

Abstract


Kecamatan Poncokusumo merupakan sentra buah apel di Jawa Timur. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai jual apel yakni dengan mendukung industrialisasi pertanian melalui agroindustri. Koperasi Lestari Makmur merupakan perintis pertama agroindustri apel di Kecamatan Poncokusumo. Namun mengingat banyaknya produk - produk sari apel yang ada maka perlu diadakannya evaluasi sejauh mana pengembangan agroindustri apel yang dilakukan Koperasi Lestari Makmur sebagai upaya pengembangan agroindustri dalam pengolahan sari apel. Apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Agroindustri Sari Apel “Lestari” produksi Koperasi Lestari Makmur saat ini? Bagaimana perumusan strategi pengembangan yang seharusnya diterapkan oleh Agroindustri Sari Apel “Lestari” di Koperasi Lestari Makmur?.  Berdasarkan analisis SWOT, alternatif strategi yang dapat digunakan oleh agroindustri sari apel “Lestari” yang sesuai dengan posisi agroindustri yang terletak pada kuadran I adalah strategi SO, diantaranya adalah;1 meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kontiunitas produk dengan menggunakan teknologi yang tepat guna strategi 2 meningkatkan kemampuan manajerial pengelola dalam menjalankan usaha dengan dukungan pemerintah daerah setempat 3 meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar yang besar.

Kata Kunci: Agroindustri, Sari Apel, Strategi Pengembangan

Keywords


agroindustri, strategi pengembangan

Full Text:

PDF

References


Anggun, Ardhana. 2008. Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Lempeng (Kerupuk Puli) di Kecamatan Bangunhardjo, Kota Madiun. Skripsi Jurusan Ekonomi Pertanian.

Anthony R n J. Dearden dan N.M. Bedford. 1994. Sistem Pengendalian Manajemen. (Alih bahasa Agus Maulana) edisi kelima. Erlangga. Jakarta

Asmara, R., & Putri, W. N. (2011). Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Usaha Agroindustri Minyak Cengkeh. Agricultural Socio-Economics Journal, 1(11): 44-55

Barsyah.1992. Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Bagi Pedesaan Dalam Rangka Pengembangan Agroindustri dan Agribisnis. Departemen Pertanian Indonesia. Jakarta.

David, Fred R. 2005. Manajemen Strategis Konsep Edisi 10. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Hanani, Nuhfil.A.R. Ibrahim, J.T. Purnomo,Mangku. 2003. Strategi Pembangunan Pertanian ; Sebuah Pemikiran Baru. LAPPERA PUSTAKA UTAMA. Yogyakarta.

Hanani, N., & Hanafi, A. A. (2012). Analisis Usaha Dan Kelayakan Agroindustri Minuman Sari Buah Apel. Agricultural Socio-Economics Journal, 12(1), 13.

Jauch, dan Glueck,1997. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan Edisi II. Erlangga. Jakarta.

Lakitan.1995. Agroindustri Hortikultura. Hal 153-162. Dalam Teori Budidaya dan Pasca Panen. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Pearce. J. A dan Richard B.R. Jr. 1997. Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi, Penendalian.Binarupa Aksara. Jakarta.

Rosjidi, A.I. 2002. Penerapan Perencanaan Strategi pada Terminal Agribisnis di SPAT Purwodadi Pasuruan. Skripsi. Faklutas Pertanian Universitas Brawijaya . Malang

Santoso, H., Hartono, R., & Savitri, S. L. (2010). Potensi Agroindustri Berdasarkan Kinerja Usaha Dan Strategi Pengembangannya. Agricultural Socio-Economics Journal, 10(3), 177.

Sastrowardoyo.1995. Prioritas Penanaman Modal Agroindustri. PPA. CIDES. Jakarta

Semaoen, I., 1996. Konsep dan Strategi Pemasaran yang mandiri Dalam Menyongsong Perkembangan IPTEK dan Lingkungan Strategis Abad 21. UGM. Yogyakarta.

Sigian, Sondang.1998. Manajemen Strategik. Bumi Aksara. Jakarta

Supriyadi. 1997. Pengembangan Agroindustri Pangan. Makalah Brawijaya. Karya Nasional Pangan dan Gizi. Serpong.

Soekartiwi. 1996. Pengantar Agroindustri. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Umar, Husein. 2003. Strategic Managemen In Action. Cetakan Ketiga. PT. Gramedia Pustska Utama. Jakarta.

Widodo, Yudi; Ginting, Erliana; Ispandi, Anwar; Hartojo.2003. Perbaikan Sisitem Usaha Tani Ubikayu Berorientasi Agribisnis Yang Berkelanjutan. Buletin Teknologi dan Informasi Pertanian. Vol 6: 160-183




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2017.001.01.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.