Pengembangan Produk Olahan Jahe di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Desa Sidomukti)

Rosita Dewati, Yos Wahyu Harinta, Agung Setyarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan yang dapat diterapkan pada usaha pengolahan jahe di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi lapang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan matriks IE dan SWOT. Kelompok Wanita Tani Mukti Rahayu didirikan pada tahun 2009 dengan tujuan mengolah produksi jahe emprit menjadi produk jahe instan dan mengisi kegiatan ibu-ibu rumah tangga disekitar lingkungan kelompok. Selain itu, pembentukan kelompok juga bertujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Hasil identifikasi factor internal dan eksternal dianalisis dengan matriks IFE dan EFE menghasilkan skor bobot total masing-masing 2,91 dan 3,11. Hasil tersebut menduduki kuadran II pada diagram matrisk IE (posisi growth). Beberapa alternatif strategi yang dirumuskan diantaranya: menambah anggota dan meningkatkan produksi jahe instan, peningkatan skala produksi untuk memenuhi permintaan ekspor, memperketat QC untuk mempertahankan kualitas  dan memperluas pasar offline dan online, dan penerapan dan penggunaan teknologi secara  maksimal dalam pemasaran, pembukuan dan pencatatan keuangan.


Keywords


EFE, IE, IFE, Olahan Jahe, SWOT

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2019a). Kabupaten Karanganyar Dalam Angka 2019. www.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik. (2019b). Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2019. www.bps.go.id

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Savitri, R. V., & Saifudin, . . (2018). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Umkm Mr. Pelangi Semarang). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(2), 117–125. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i2.20808

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Singgih, M. N. (2007). Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 3(3), 218–227. http://e-journal.ukanjuruhan.ac.id




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.