Penerapan Metode Quality Function Deployment untuk Peningkatan Kepuasan Konsumen dalam Kualitas Produk UKM Sanders Milk Donut
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.25Keywords:
Quality Funcion Deployment, technoware, humanwareAbstract
Dalam upaya meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kepuasan konsumen dan memenangkan persaingan pasar, UKM Sanders Milk Donuts telah melakukan penelitian untuk mengetahui prioritas perbaikan yang perlu dilakukan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Langkah yang dilakukan perusahaan dalam kaitan dengan penelitian tersebut antara lain mengidentifikasi atribut produk yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen Sanders Milk Donuts, tingkat kinerja dan komponen respon teknis yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas produk dari sisi komponen dasar teknologi dan tenaga manusia.  Data yang dikumpulkan diperoleh dari 100 responden. Analisis di dasarkan atas pengamatan langsung dan brainstroming dengan pihak Sanders Milk Donuts dengan metode QFD (Quality Function Deployment). Hasilnya menunjukkan bahwa ada delapan atribut kebutuhan konsumen yang telah dipenuhi oleh Sanders Milk dan ada empat komponen respon teknis yang perlu diperbaiki dari aspek technoware dan delapan komponen respon teknis yang perlu diperbaiki dari aspek humanware.
References
Astuti, H. J. (2007). Analisis Kepuasan Konsumen (SERVQUAL Model dan Important Performance Analysis Model). Jurnal Media Ekonomi, 7(1), 1–20.
Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kottler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
Mahardhika, R. (2017). Mengenal Industri Makanan dan Minuman di Era Industri 4.0. Forbie Institue. Yogyakarta.
Nazaruddin. (2008). Manajemen Teknologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putri R, A., Effendi, U., & Effendi, M. (2015). Analisis Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Industria, 4(1), 41 – 52. Retrieved from https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/175
Raharja, F., & Kusumawardhani, A. (2017). Penerapan Metode Quality Function Deployment ( Qfd ) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Industri Rumahan Roti Raja Asih, 6(4), 2337–3792.
Ruhamak, M. D., & Syai’dah, E. H. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 14. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.186
tjiptono, L. N. (2014). A Proposed Model for Firm ’ s Technological Capability Assessment under Uncertain Environment. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 3(11), 91–95.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Andi Offset. Yogyakarta.
Tutuhatunewa, A. (2010). Aplikasi Metode Quality Function Deployment Dalam Pengembangan Produk Air Minum Kemasan. Arika, 04(1). Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/view/458
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. PT Indeks. Jakarta.
Yuliarsih, & Retno, W. (2002). Higienis dan Sanitasi. Jakarta: P.T Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License