Analisis Keunggulan Komparatif Usahatani Bawang Merah di Desa Ponjanan Barat, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan

Maudina Nurdi, Nur Baladina

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keuntungan ekonomi dan tingkat keunggulan komparatif suatu usahatani bawang merah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keuntungan usahatani bawang merah, keunggulan komparatif dan kepekaan tingkat keunggulan komparatif usahatani bawang merah apabila terjadi perubahan variabel di lokasi penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis ekonomi, analisis DRC (Domestic Resource Cost), dan analisis sensitivitas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usahatani bawang merah menguntungkan secara ekonomi dan dapat diproduksi dengan biaya yang efisien dengan menggunakan sumberdaya domestik sehingga memiliki keunggulan komparatif. Usahatani bawang merah dengan menggunakan sumberdaya domestik mampu menghemat devisa negara sebesar US $ 1 dengan mengorbankan sumberdaya domestik sebesar US $ 0,929. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa saat terjadi kenaikan harga bibit sebesar 25% maka akan menyebabkan hilangnya keunggulan komparatif. Kenaikan jumlah output sebesar 78% dan melemahnya nilai tukar rupiah sebesar 5%, berpengaruh positif (meningkatkan tingkat keunggulan komparatif). Kenaikan harga bibit, kenaikan jumlah output, dan melemahnya nilai tukar rupiah secara bersama-sama berdampak positif (dapat meningkatkan tingkat keunggulan komparatif).

Kata kunci: Bawang Merah, Analisis Ekonomi, Keunggulan Komparatif, DRC, Sensitivitas

Keywords


keunggulan komparatif, sensitivitas, Domestic Resource Cost

Full Text:

PDF

References


Asmara, Rosihan dan Artdiyasa, Nesia. (2008). Analisis Tingkat Daya Saing Ekspor Komoditi Perkebunan Indonesia. Agricultural Socio-Economics Journal, 8(2), 104.

Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Perdagangan Dalam Negeri Indonesia: Impor 2009-2015. http://bps.go.id. Diakses tanggal 12 Mei 2016.

Bank Indonesia. 2016. Kurs Referensi (JISDOR). www.bi.go.id. Diakses tanggal 9 Februari 2016.

Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan. 2015. Angka Produksi dan Luas Panen Komoditas Bawang Merah Tahun 2011-2015 di Kabupaten Pamekasan. Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan. Pamekasan.

Maharani et al. pada tahun 2014. Analisis Keunggulan Komparatif Komoditas Jagung di Kabupaten Kediri. Agrise Volume XIV No 3.

Pearson, Scott, et al. 2005. Aplikasi Policy Analysis Matrix pada Pertanian Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Pudjosumarto, Muljadi. 1998. Evaluasi Proyek. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Putusan Nomor 226 K/TUN/2013. 2013. Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 226 K/TUN/2013. Mahkamah Agung Rebuplik Indonesia. Jakarta.

Shinta, Agustina. 2011. Ilmu Usahatani. UB Press. Malang.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi [Online]. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2017.001.01.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.