Analisis Keikutsertaan Petani dalam Mengikuti Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Rizki Ramdani, Ifdal Ifdal, Ifdal Ifdal, Rusda Khairati, Rusda Khairati

Abstract


Keikutsertaan  petani awal pengembangan program asuransi usahatani padi masih tergolong rendah di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, hal ini diduga program Asuransi belum sesuai kebutuhan usahatani, skema AUTP rumit, dan waktu lama bagi petani untuk mengaplikasikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik petani dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam mengikuti program Asuransi Usahatani Padi di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni – Agustus 2020. Populasi penelitian adalah petani yang ikut dan tidak ikut program AUTP berjumlah 60 orang dengan menggunakan analisa Deskriptif dan Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian karakteristik petani mayoritas berusia produktif, pengalaman usahatani sedang, tingkat pendidikan rendah, status kepemilikan lahan mayoritas sebagai penyewa lahan, pendapatan  relatif sedang, luas lahan mayoritas ± 0,5 ha, Faktor yang berpengaruh signifikan hanya dari faktor karakteristik inovasi AUTP, yaitu kerumitan dan dapat diujicoba, sedangkan faktor karakteristik sosial ekonomi tidak berpengaruh.


Keywords


keikutsertaan;AUTP;petani

Full Text:

PDF

References


Agustia Yossi, 2019. Persepsi Petani terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Andalas.

Azriani Zednita et al., 2018. Pelaksanaan Asuransi Usaha Tani Padi dalam Meningkatkan Ketahan Pangan di Kota Padang. Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis UNS Ke 42.

Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Barat. 2018. Laporan Tahunan Tahun 2018.

Badan Pusat Statistik Sumbar. Kabupaten Agam dalam angka 2019.

Daniel, M. 2003. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta

Dinas Pertanian Kabupaten Agam 2018. Keputusan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam. Tentang Penetapan Kelompok Tani sebagai peserta Asuransi Usahatani Tani Padi (AUTP) tahap kedua di Kabupaten Agam tahun 2018.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Edisi. Kedua. Yogyakarta. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hosmer DW, Lemeshow S. 2000. Applied Logistic Regression.Ed ke-2.NewYork: John Wiley & Sons, Inc.

Insyafiah dan I. Wardhani. 2014. Kajian Persiapan Implementasi Asuransi Pertanian Secara Nasional. Badan Kebijakan Fiskal, Kementrian Keuangan. Jakarta

Marphy TM dan Priminingtyas DN 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi PetaniDalam Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Desa Watugede,Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Habitat Universitas Brawijaya.

Rogers,E.M.2003. Diffusion Of Innovations.

Pasaribu S M. 2010. Developing Rice Farm Insurance in Indonesia. Agriculture and Agricultural Science Procedia. 1: 33–41.

Prasetyo Kunandar. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi petani pada program Asuransi Usahatani Padi di Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Thesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Siswadi,B & Syakir F (2014). Respon Petani terhadap program pemerintah mengenai Asuransi Usahatani Padi (AUTP). 169-177.

Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Jakarta : Universitas Indonesia.

Undang-udang no 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani pasal 37 ayat 1.

Wahyudi I. 2015. skim ujicoba asuransi usahatani padi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi petani dalam program AUTP.Thesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

https://wriindonesia.org/sites/default/files/AUTP%2C%20AUTS%2C%20dan%20Asnel%20AUBU%2031%20Juli%202019%20.pdf




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 RIZKI RAMDANI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.