Pengaruh Marketing Mix 7P terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Espresso di Kota Semarang

Sylvia Gara Dhita, Mukson Mukson, Agus Setiadi

Abstract


Bauran pemasaran sebagai salah satu strategi pemasaran digunakan untuk merumuskan rancangan strategi pemasaran yang taktis dan efektif. Penerapan bauran pemasaran atau marketing mix 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence perlu dilakukan untuk memperbaiki dan mempertahankan sasaran pasar serta dapat dijadikan bahan evaluasi dalam bersaing dengan kompetitor untuk meningkatkan penjualan produk dan berorientasi kepada kepuasan dan koyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix 7P terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, dan menganalisis variabel marketing mix 7P yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen produk olahan kopi espresso di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis  data menggunakan path analyis atau analisi jalur. dan pengolahan data dilakukan dengan alat bantu SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t tabel = 1,98638 sehingga product, promotion, dan kepuasan konsumen berpengaruh secara siginifikan, sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Nilai uji f hitung 8,669 > f tabel 2,04 sehingga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Variabel product berpengaruh sangat nyata terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Besar pengaruh product terhadap loyalitas konsumen yaitu 28,3%, lalu pengaruh secara tidak langsung sebesar 2,97% dan pengaruh total yang diberikan adalah sebesar 31,27%. 8. Kepuasan konsumen berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas konsumen. Besarnya pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen yaitu 23,6% dan besarnya pengaruh secara gabungan yaitu 43,2%.

 


Keywords


kepuasan, loyalitas, marketing mix 7P.

Full Text:

PDF

References


Anugerah, A. B., Budiraharjo, K., & Prasetyo, E. (2020). PENGARUH ASPEK BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK KOPI KELIR DI GABUNGAN KELOMPOK TANI GUNUNG KELIR KABUPATEN SEMARANG. 9(1), 59–68.

Badan Pusat Statistik. (2020). Kota Semarang Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Semarang. Kota Semarang.

Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish Publisher. Yogyakarta.

Fadillah, R., Triana, L., & Sari, R. (2020). Analisis Bauran Pemasaran dan Minat Beli Ulang Konsumen Kopi pada Rimbun Espresso & Brew Bar Kota Padang. JOSETA: Journal of Socio-Economics on Tropical Agriculture, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.25077/joseta.v2i1.222

ICO. (2020). Coffee Market Report, October 2020. International Coffee Organization, September.

International Coffe Organization. (2019). Global Coffee Production to Decrease in 2019/20. September, 7. http://www.ico.org/documents/cy2019-20/cmr-1019-e.pdf

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359

Purnomo, R. A. 2017. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV. Wade Group. Ponorogo.

Riyanto, S. dan A. A. Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish Publisher. Yogyakarta.

Rizkiyani, N. (2013). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP ( Studi Kasus Pada BRI Kantor Unit Pageruyung , Kendal ) SKRIPSI Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi pada Universitas Negeri Semarang Oleh Novi Rizkiyani.

Sudaryono. Dr. 2017. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.

Sugiyono, M. S. 2018. Metodologi Penelitian Dilengkapi dengan Metode R&D. Deepublish Publisher. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.