Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Pengunjung dalam Upaya Pengembangan Agrowisata “Sweetberry” di Kabupaten Cianjur

Tazya Aulia Pertiwi, Dyah Noechdijati, Budi Dharmawan

Abstract


Sekarang ini banyak berkembang tempat wisata bertema yang sama dengan Agrowisata “Sweetberry” di kawasan Cianjur, dengan begitu semakin banyak pesaing. Fasilitas yang ada di Agrowisata “Sweetberry” masih terbilang sangat sederhana sehingga Agrowisata “Sweetberry” ingin melakukan pengembangan untuk dapat bersaing dengan Agrowisata yang ada dikawasan Cianjur dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik pengunjung Agrowisata “Sweetberry”, (2) Mengidentifikasi persepsi pengunjung Agrowisata “Sweetberry”, (3) Menghitung besarnya nilai kesedian membayar (Willingnnes To Pay) dari pengunjung Agrowisata “Sweetberry”,  (4) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai Willingness To Pay (WTP) dari pengunjung Agrowisata “Sweetberry”. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Karakteristik dan persepsi pengunjung, Analisis CVM (Contingent Valuation Method), serta Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Nilai WTP Pengunjung Agrowisata “Sweetberry”. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penelitian berdasarkan segmentasi pengunjung didominasi oleh laki-laki dengan rata-rata usia antara 35 tahun, kemudian status di dominasi oleh konsumen yang sudah menikah, dengan tingkat pendidikan tertinggi adalah 16 tahun atau Strata 1, pekerjaan yang mendominasi adalah pegawai swasta, rata-rata respoden yang memiliki pendapatan sebesar Rp6.862.000, dan jumlah tanggungan yang dimiliki responden sebanyak 3 orang, (2) Persepsi pengunjung Agrowisata “Sweetberry” berdasarkan aspek kognitif, afektif dan konaitif dapat disimpulkan termasuk kedalam kategori setuju dan masing-masing memiliki rata-rata sebesar 3,97; 3,68 dan 3,67, (3) Nilai rata-rata maksimum WTP pengunjung sebesar Rp23.443,038 hal tersebut bertambah sebesar Rp8.443,038 dari tiket masuk awal yang sebesar Rp15.000, (4) Faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar secara signifikan pada selang kepercayaan 95% adalah jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, dan jumlah tanggungan.

Keywords


Agrowisata, kesediaan membayar, faktor-faktor yang mempengaruhi.

Full Text:

PDF

References


Annisa, T. 2017. Analisis Kesediaan Membayar (Wtp) Untuk Mendukung Ekowisata Berkelanjutan Di Kawasan Wisata Gua Pindul, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Bumi Indonesia, 6(4).

Asrori, M. 2009. Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima, Bandung.

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Basuki, A. T. 2015. Ekonometrika Teori & Aplikasi. Mitra Pustaka Nurani, Yogyakarta.

Diana, M. 2013. Analisis Willingness To Pay (WTP) Pengunjung Terhadap Objek Wisata Kandis Sawahlunto Sumatera Barat. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Fadilah, S. D. 2011. Analisis Willingness To Pay (WTP) Pengunjung Terhadap Paket Wisata Di Wana Wisata Curug Nangka (WWCN) Kabupaten Bogor. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponogoro, Semarang.

Gujarati, D. 2003. Ekonometri Dasar. Erlangga, Jakarta.

Prasetyo, N. 2013. Bagaimana Kesediaan Membayar untuk Membayar Peningkatan Kualitas Lingkungan Desa Wisata. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 14(2).

Sarwono, S. W. 1992. Psikologi Lingkungan. Gramedia, Jakarta.

Susilowati, I. 2020. Willingness To Pay For The Development Of Agro-Tourism Facilities In Bandungan District, Semarang Regency (A Case Study At The Setiya Aji Flower Farm. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, 4(2).

Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. ANDI, Yogyakarta.

Yoeti, O. 2000. Ilmu Pariwisata. Pertja, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.