Sustainable Marketing terhadap Brand Image dan Loyalitas Pelanggan di Retrorika Coffee Bar & Resto
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.6Keywords:
Sutainable Marketing, Brand Image, LoyaltyAbstract
Permasalahan yang terjadi baik dibidang ekonomi, sosial maupun lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan perusahaan yang tidak bertanggung jawab semakin hari semakin meningkat. Konsep bisnis sustainable marketing dirasa cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu bisnis yang telah menerapkan konsep tersebut adalah Retrorika Coffee Bar & Resto, dimana café tersebut telah memperhatikan keadaan ekonomi, sosial maupun lingkungan yang dapat bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Penerapan sustainable marketing nyatanya memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan brand image dari perusahaan yang nantinya dapat berpengaruh terhadap kepuasan, kepercayaan dan juga loyalitas konsumen. Nantinya, secara tidak langsung kepuasan dan kepercayaan konsumen juga akan berpengaruh terhadap loyalitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sustainable marketing terhadap brand image di Retrorika Coffee Bar & Resto serta menganalisis pengaruh brand image terhadap kepercayaan, kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Mei 2021 dengan terdapat 100 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa dari variabel sustainable marketing hanya aspek sosial saja yang tidak signifikan. Meskipun begitu, nyatanya kegiatan sosial tetap bisa menarik minat dari konsumen asalkan perusahaan tetap dapat menunjukkan tanggung jawabnya melalui kegiatan sosial yang dilakukan. Selain itu, brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas, kepercayaan dan kepuasan konsumen. Begitupula dengan kepercayaan dan kepuasan konsumen yang juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas dari pelanggan.
References
Dash, G., Kiefer, K. and Paul, J. (2021) ‘Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention’, Journal of Business Research, 122(October 2020), pp. 608–620. doi: 10.1016/j.jbusres.2020.10.016.
Hair Jr, J. F. et al. (2017) Multivariate Data Analysis, Pearson Education Limited. doi: 10.4324/9781351269360.
Ishak, A. and Luthfi, Z. (2016) ‘Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs’, Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), pp. 55–66. doi: 10.20885/jsb.vol15.iss1.art5.
Jin, N., Lee, S. and Huffman, L. (2017) ‘Impact of Restaurant Experience on Brand Image and Customer Loyalty: Moderating Role of Dining Motivation’, Journal of Travel and Tourism Marketing, 29(6), pp. 532–551. doi: 10.1080/10548408.2012.701552.
Jung, J., Kim, S. J. and Kim, K. H. (2020) ‘Sustainable marketing activities of traditional fashion market and brand loyalty’, Journal of Business Research, 120(August 2019), pp. 294–301. doi: 10.1016/j.jbusres.2020.04.019.
Ketchen, D. J. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling, Long Range Planning. doi: 10.1016/j.lrp.2013.01.002.
LuÄić, A. (2020) ‘Measuring sustainable marketing orientation-Scale development process’, Sustainability (Switzerland), 12(5), pp. 9–11. doi: 10.3390/su12051734.
Rudawska, E. (2018) ‘The Sustainable Marketing Concept in European SMEs’, The Sustainable Marketing Concept in European SMEs. doi: 10.1108/9781787540385.
Rusandy, D. S. (2018) ‘Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Titin Trenggalek’, Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), pp. 1–11. doi: 10.35130/jrimk.v2i1.25.
Semuel, H. and Wibisono, J. (2019) ‘Brand Image, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Jaringan Supermarket Superindo Di Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), pp. 27–34. doi: 10.9744/pemasaran.13.1.27-34.
Solimun, Fernandes, A. A. R. and Nurjannah (2017) ‘Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS’, in Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS.
Wella, S. F. and Chairy, C. (2020) ‘Implementasi Sustainability Sebagai Alat Pemasaran Pada Era Pandemi Covid-19’, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(2), p. 343. doi: 10.24912/jmieb.v4i2.8284.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License