Strategi Pemasaran Melalui Celebrity Endorsement dan Ewom serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food Yellow Fit Kitchen

Kristoforus Farian Waringga, Djoko Koestiono, Fitria Dina Riana

Abstract


Makanan sehat merupakan lini bisnis yang akhir-akhir ini sedang berkembang dan diminati masyarakat. Peluang muncul akibat adanya perubahan pola hidup untuk mengonsumsi makanan sehat. Persaingan muncul sebagai tantangan bagi bisnis makanan sehat. Pebisnis juga perlu mengenalan produk untuk mengubah persepsi masyarakat tentang healthy food melalui pemasaran yang efektif dan efisien. Celebrity endorsement dan ewom menjadi metode efektif dalam pemasaran digital saat ini untuk menjangkau pasar dan mempengaruhi persepsi konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji pengaruh celebrity endorsement dan ewom terhadap keputusan pembelian melalui variabel product knowledge, consumer psychology, dan brand image. Penelitian ini menggunakan 72 responden  yang tersebar di seluruh Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan SEM-PLS untuk menguji pengaruh antar variabel dengan software WarpPLS. Hasil menunjukkan bawah celebrity endorsement dan ewom berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian melalui variabel product knowledge, consumer psychology, dan brand image. Berkaitan dengan itu, pemilik bisnis makanan sehat dapat menggiring persepsi konsumen dalam keputusan pembelian dengan metode celebrity endorsement dan mengontrol ewom karena pemesaran ini mampu menjangkau berbagai macam konsumen serta banyaknya perputaran informasi terkait ulasan dan rekomendasi produk dari berbagai macam konsumen di platform digital.


Keywords


celebrity endorsement, ewom, keputusan pembelian, makanan sehat

Full Text:

PDF

References


Achmad, Z. (2009). Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6(4), 1–14. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Apejoye, A. (2013). Influence of Celebrity Endorsement of Advertisement on Students’ Purchase Intention. Journal of Mass Communication & Journalism, 3(3), 1–7. https://doi.org/10.4172/2165-7912.1000152

Ayuningsih, F., & Maftukhah, I. (2020). The Influence of Product Knowledge, Brand Image, and Brand Love on Purchase Decision through Word of Mouth. Management Analysis Journal, 9(4), 355–369. https://doi.org/10.15294/maj.v9i4.40796

Bashar, A., Ahmad, I., & Wasiq, M. (2012). EFFECTIVENESS OF SOCIAL MEDIA AS A MARKETING TOOL: AN EMPIRICALSTUDY. International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research, 1(11), 89–99. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/281676030

Cahyani, K. I., & Sutrasmawati, Rr. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.

Caraka, G. P. (2015). Instagram the Role of Consumers Characteristic and Psychology on Post- Purchase Decision for Fashion Product Using Instagram. E-Proceeding of Management, 2(1), 126–137.

Cholifah, N., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 170–177. Retrieved from http://www.wardahbeauty.com

Ekawati, M., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PENGETAHUAN KONSUMENSERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Followers Account Twitter @WRPdiet). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2), 1–8.

Febiana, D., Kumadji, S., & Sunarti. (2014). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Bikerâs Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16(1), 1–6.

Febriansyah, M. R., & Chaerowati, D. L. (2019). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Dr. Ricks Denim. Prosiding Manajemen Komunikasi, 5(2), 641–648.

Fredereca, B. G., & Chairy. (2010). PENGARUH PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI SMARTPHONE BLACKBERRY. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Tahun, 3(2), 128–144. Retrieved from www.swa.co.id,

Ge, J., & Gretzel, U. (2018). Emoji rhetoric: a social media influencer perspective. Journal of Marketing Management, 34(15–16), 1272–1295. https://doi.org/10.1080/0267257X.2018.1483960

Gifani, A., & Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis Dan Iptek, 10(2), 84. Retrieved from www.gadget.bisnis.com

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In SAGE Publications (1st ed.). Unites States of America.

Hassan, S. R. U., & Jamil, R. A. (2014). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase intention for existing products: a comparative study. Journal of Management Info, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.31580/jmi.v4i1.18

Islami, N. W., Yuwanto, L., & Sudibyo, E. (2021). Karta rahardja. Karta Raharja, 2(1), 34–44.

Kasrudin, I., Agus, F., Kurniawan, W., Meilansyah, I., Aulia, D., & Tosepu, R. (2021). Perilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS ) Dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat. Jurnal Keperawatan, 4(3), 19–27.

Khasanah, I. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 93–102. https://doi.org/10.15294/jdm.v4i1.2427

Kumar, S. (2017). Influence of Product Placements in Films and Television on consumers Brand Awareness. Archives of Business Research, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.14738/abr.52.2747

Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). JURNAL INDONESIA MEMBANGUN, 15(3), 61–76. Retrieved from http://

Novizal, G., & Rizal, A. (2020). PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGEDAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGANBRAND IMAGESEBAGAI VARIABELMODERASI(STUDI PADA KONSUMEN MOBIL WULING DI DEALER WULING SEMARANG). Proceeding SENDIU 2020, 633–644.

Othman, RA. R. N., Noor, M., & Marmaya, N. (2017). Consumer’s Purchase Decision towards Canned Pineapple Products in Malaysia. International Journal of Business and Social Science, 8(9), 69–78. Retrieved from www.ijbssnet.com

Pamar, Dr. B. J. (2019). Effectiveness of Celebrity and non-celebrity endorsement on advertisement for FMCG. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Priansa, D. J. (2016). Pengaruh E-Wom Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online Di Lazada. Ecodemica, 4(1), 117–124.

Puspa, S., & Suhariadi, F. (2019). Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA KONSUMEN MUDA MELALUI MEDIA ONLINE. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 8(1), 1–10. Retrieved from http://url.unair.ac.id/cf758369

Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk the Body Shop di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–11.

Sabdosih, Z. (2016). Pengaruh Variabel Celebrity EndorserTerhadap Citra Merek L’oreal(Studi Produk L’orealParis Total Repairdi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1–19.

Solimun, M., Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat. Malang: UB Press.

Syahputra, Y. H. O., Kamela, I., & Irda. (2019). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN PESAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN PROBIOTIK MEREK YAKULT DI KOTA PADANG. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 15(2), 1–13.

Tamboto, F. C., & Pangemanan, S. S. (2019). the Influence of Product Knowledge and Product Involvement Toward Purchase Decision of Nissan Cars Customers. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 861–870. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22913

Virgilio, F. di, & Antonelli, G. (2017). Consumer Behavior, Trust, and Electronic Word-of-Mouth Communication: Developing an Online Purchase Intention Model. Social Media for Knowledge Management Applications in Modern Organizations, 1(3), 58–80. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2897-5.ch003

Zulkefli, M. Y., Hanani, N. E.-Z., Mohammad, H. M., & Harun, M. F. (2021). The Influence Of Endorser On Youth Purchase Decision. Malaysian Journal of Youth Studies, 22, 159–168.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.