Analisis Rantai Pasokan (Supply Chain) Ubi Kayu (Manihot Utilissima) di Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso

Zaenol Alim, Joni Murti Aji, Mustapit Mustapit

Abstract


Produksi ubi kayu di Kecamatan Wringin merupakan yang tertinggi di Kabupaten Bondowoso. Namun harga ubi kayu di daerah tersebut masih fluktuatif, sehingga perlu diketahui lebih lanjut tentang rantai pasokan ubi kayu di daerah tersebut. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode secara sengaja. Analisis data menggunakan analisis diskriptif kuantitatif, diantaranya  analsis margin pemasaran, analisis FFA, dan analisis nilai tambah. Hasil analisis menunjukkan (1) aliran produk ubi kayu dengan produk olahan tape dan keripik singkong mengalir dari petani dan berakhir pada konsumen akhir, aliran keuangan mengalir dari konsumen akhir hingga berakhir pada petani ubi kayu, dan aliran informasi mengalir dari petani hingga berakhir pada konsumen akhir, dan juga mengalir dari konsumen akhir hingga berakhir pada petani ubi kayu; (2) Hasil analisis FFA menunjukkan bahwa faktor pendorong pengembangan rantai pasokan ubi kayu tertinggi adalah produk olahan ubi kayu yang beranekaragam dengan nilai faktor urgensi sebesar 2,22, sedangkan faktor penghambat tertinggi adalah harga ubi kayu fluktuatif dengan nilai faktor urgensi sebesar 2,11. Rekomendasi kebijakannya adalah mempertahankan keanekaragaman produk olahan ubi kayu dan merencanakan jumlah permintaan ubi kayu; (3) Hasil analisis nilai tambah menunjukkan bahwa pengolahan ubi kayu menjadi tape memberikan nilai tambah yang positif dengan rasio nilai tambah sedang, dan pengolahan ubi kayu menjadi keripik singkong memberikan nilai tambah yang positif dengan rasio nilai tambah tinggi.

 


Keywords


ubi kayu, rantai pasokan, analisis nilai tambah, analisis FFA

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso. 2015. Kabupaten Bondowoso dalam Angka 2014. Bondowoso : BPS Kabupaten Bondowoso.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso. 2017. Kabupaten Bondowoso dalam Angka 2016. Bondowoso : BPS Kabupaten Bondowoso

Hubies, Musa. 1997. Menuju Industri Kecil Profesional di Era Globalisasi Melalui Pemberdayaan Manajemen Industri. Orasi Ilmiah. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Marimin, dan Nurul Maghfiroh. 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasokan. Bogor: IPB Press.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rukmana, Rahmad, dan Yuyun Yuniarsih. 2001. Aneka Olahan Ubi Kayu. Yogyakarta : Kanisius.

Sianipar, J.P.G. dan Entang, H.M.. 2003. Teknik-Teknik Analisis Manajemen,

BahanAjar Diklatpim Tingkat III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara – Republik Indonesia.

Thmarin, Muhammad, Ainul Mardiansyah, dan Samsul Efendi Marpaung. 2013. Analisis Usahatani Ubi Kayu (Manihot utilissima). Agrium. 18 (1) : 57-64.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.01.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.