Pengaruh Kemitraan terhadap Loyalitas Anggota Kelompok Tani Lereng Slamet dengan PT Indo Agroforestry di Desa Sunyalangu Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas

Indah Dwikania Hestiningtyas, Dindy Darmawati Putri, Ulfah Nurdiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas petani gula semut terhadap kemitraan, mengetahui pendapatan yang diperoleh anggota kelompoktani setelah  bermitra dengan PT Indo Agroforestry dari kegiatan usahatani gula semut, dan mengetahui pengaruh pola kemitraan terhadap loyalitas anggota kelompoktani. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktirftif, analisis pendapatan, PLS-SEM (Structural Equation Modeling), dan Likert’s Summated Ratings. Variabel yang diteliti adalah Kepuasan (X1). Kualitas (X2), Citra (X3) dan Kemitraan (Y1), Loyalitas (Y2). Hasil penelitian menunjukkan pendapatan pengrajin gula semut dalam sehari yaitu sebanyak 318 kg total penerimaan sebesar Rp 5.679.000. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota kelompoktani secara signifikan yaitu pengaruh kualitas terhadap kemitraan dengan nilai signifikansi sebesar 3,142 > 1,96 (significance level 5%). Nilai signifikansi terendah diperoleh pengaruh dari variabel kualitas terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0,351 < 1,96. Dari 7 hipotesis yang diajukan nilai yang tidak signifikan diperoleh oleh 4 hipotesis yaitu kepuasan terhadap kemitraan, kepuasan terhadap loyalitas, kemitraan terhadap loyalitas dan kualitas terhadap loyalitas karena memiliki nilai signifikan yang kurang dari t-tabel (significance level 5% atau 1,96).

 


Keywords


Gula Semut, Kemitraan, Loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Dinpertanbunhut Kabupaten Banyumas. 2017. Potensi Tanaman Kelapa di Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Banyumas.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas, 2017. Eksportir Gula Kelapa Terbesar dan Harga Jual Gula Kelapa Kristal Organik di Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Banyumas.

Evalia, N. Afni. 2015. Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren. Jurnal Manajemen dan Agribisnis. Vol. 12 (1) : 64-65.

Fariyanti A. 2008. Perilaku Ekonomi Rumahtangga Petani Sayuran dalam Menghadapi Risiko Produksi dan Harga Produk di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Tesis. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Ghozali, Imam. 2011. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24 Update Bayesian SEM. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2015. Partial Least Squares (PLS) Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Undip, Semarang.

Kolter, Philip dan Armstrong, Gary. 2010. Principles of Marketing. Thirteenth Edition. New Jersey: PearsonEducation.

Mantra, I.B. 2000. Demografi Kualitas. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Miyata S, Minot N, Hu D. 2009. Impact of Contract Farming on Income: Lingking Small Farmers, Packers, and Supermarket in China. World Development. 37 (11).

Pardani, Cecep. 2015. Peningkatan Pendapatan Pengrajin Gula Melalui Agroindustri Gula Semut di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Agribisnis. Vol. (1)1 : 28-29.

Sarwono, Jonathan. 2010. Pengertian Dasar Structural Equation Modeling (SEM). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol. 10 No. 3: 173-182.

Simamora, Bilson. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Suliyanto, 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Ukkas, I. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja industri kecil kota palopo. Journal of Islamic Education Management.

Zuliana, Crysee. Endrika, Widyastuti dan Wahono Hadi Susanto. 2016. Pembuatan Gula Semut (Kajian pH Gula Kelapa dan Konsentrasi Natrium Bikarbonat). Jurnal Pangan dan Agroindustri, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.