Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang

Othysalonika Othysalonika, Abdul Wahib Muhaimin, Febriananda Faizal

Abstract


Perkembangan bisnis kuliner di kota Malang setiap tahun selalu mengalami kenaikan, sehingga membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat. Strategi untuk menghadapi persaingan yaitu dengan menerapkan pemasaran secara daring melalui media sosial, karena jumlah penggunanya yang semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap minat dan keputusan pembelian konsumen di usaha makanan sehat Dailee. Elemen social media marketing sebagai variabel bebas terdiri dari context, content, communication, dan connection. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan pengukuran skala Likert. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS diolah dengan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan empat elemen social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian konsumen di usaha makanan sehat Dailee.


Keywords


social media marketing; purchase intention; purchase decision; healthy food

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020. | Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta di 2019 – Q2 2020. URL https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/ (accessed 11.10.20).

Chakti, G., 2019. THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL. Celebes Media Perkasa.

Cook, J., 2020. Instagram Rules: The Essential Guide to Building Brands, Business and Community. White Lion Publishing.

Firmansyah, M.A., 2019. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Qiara Media.

Haryono, S., 2016. Buku 3 in 1 Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. PT. Intermedia Personalia Utama, Bekasi.

Huey, L.S., Yazdanifard, R., 2014. How Instagram Can Be Used as a Tool in Social Network Marketing. Sept. 2014 8.

Lee, Y.E., Benbasat, I., 2004. A Framework for the Study of Customer Interface Design for Mobile Commerce. Int. J. Electron. Commer. 8, 79–102.

Madahi, A., Sukati, I., 2012. The Effect of External Factors on Purchase Intention amongst Young Generation in Malaysia. Int. Bus. Res. 5, p153. https://doi.org/10.5539/ibr.v5n8p153

Ozer, S., 2012. The Effect of Social Media on. Natl. Coll. Irel. 117.

Phillips, K.W., 2017. Ultimate Guide to Instagram for Business. Entrepreneur Press, Irvine.

Purba, R.A., Sudarso, A., Silitonga, H.P., Sisca, S., Supitriyani, S., Yusmanizar, Y., Nainggolan, L.E., Sudirman, A., Widyastuti, R.D., Novita, A.D., Teri, 2020. Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Risaldi, R., Wirapuspita, R., Kamarudin, I., 2017. Hubungan Status Gizi dengan Tingkat Produktivitas Pekerja Wanita di PT. Idec Abadi Wood Industries Tarakan. J. Kesehat. 5, 52–59. https://doi.org/10.25047/j-kes.v5i1.43

Rismawan, P.A.E., Supartha, W.G., Yasa, N.N.K., 2014. Peran Mediasi Komitmen Organisasional Pada Pengaruh Stress Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Intensi Keluar Karyawan. E-J. Ekon. Dan Bisnis Univ. Udayana.

Roem, E.R., Sarmiati, S., 2019. Perubahan Sosial Budaya Akibat Media Instagram bagi Kalangan Mahasiswi di Kota Padang. J. Antropol. Isu-Isu Sos. Budaya 21, 202. https://doi.org/10.25077/jantro.v21.n2.p202-210.2019

Santoso, A., 2010. Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. J. Penelit. 14, 1–17.

Shahnaz, N.B.F., Wahyono, 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online 11.

Solimun, Fernandes, A.A.R., Nurjannah, 2017. Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS, Cetakan Pertama. ed. Malang.

Yang, C.-H., 2016. Analysis of e-commerce sites using the 7C Framework, by developing a software tool. Unitec Inst. Technol. 69.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.