Strategi Bauran Pemasaran CV. Bagus Agriseta Mandiri dalam Menghadapi Pandemi Covid 19

Authors

  • Salsabila Azzahra Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.33

Keywords:

Marketing Strategy, Marketing Mix, Purchasing Decisions

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebar luas baik di Indonesia maupun di seluruh dunia yang sampai saat ini masih belum jelas kapan berakhirnya. Dampak dari pandemi Covid-19 begitu besar bagi sektor kesehatan dan ekonomi. Pembatasan aktivitas masyarakat yang berpengaruh terhadap aktivitas dan mobilitas manusia dapat mengakibatkan terhambatnya perkembangan ekonomi maupun bisnis seperti yang dirasakan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk CV. Bagus Agriseta Mandiri selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan 70 responden. Hasil analisis regresi linier berganda yang dilakukan terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki sumbangan pengaruh sebesar 69.7% dan 30.3% dipengaruhi oleh variabel diluar model. Variabel product, price, place, promotion, people, process, physical evidence tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel public relation dan power berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Strategi pemasaran yang tepat bagi CV. Bagus Agriseta Mandiri adalah penjualan produk secara online, pemanfaatan program kampus merdeka, bekerja sama dengan platform yang berkesinambungan, pemanfaatan media promosi secara online, dan mengadakan event secara online.

References

Alfionita, C., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone MATOS). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 178–185.

Ariprayugo, G., Suryono, D., Santoso, B., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh Advertising dan Public Relations Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau (Studi pada Pengguna Produk Hijau The Body Shop Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Oktober 2020. Berita Resmi Statistik, No. 92/12/(92), 1–16.

Bappenas. (2020). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan I Tahun 2020. Www.Bappenas.Go.Id, 4(3). https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/laporan-perkembangan-ekonomi-indonesia-dan-dunia-triwulan-i-tahun-2020/

Cholilawati, & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, IX(1), 18–24.

Cruz, A. P. S. (2013). Processing Data Penelitian Kuantitatif Menggunakan Eviews. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

David, F. R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleh - Oleh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 8(1), 1–9.

Dwiastuti, R. (2017). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Malang: UB Press.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1). https://www.researchgate.net/publication/334618340_PENGARUH_KUALITAS_PRODUK_INOVASI_PRODUK_DAN_PROMOSI_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_PRODUK_HI_JACK_SANDALS_BANDUNG

Fathudin, F. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Paguyuban Angkringan Wates, Kulon Progo). Universitas PGRI Yogyakarta, 4, 1–10. http://repository.upy.ac.id/238/

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herawati, H., & Muslikah, M. (2020). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2(01). https://doi.org/10.34005/kinerja.v2i02.794

Hermansyah. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen. FOKUS, 16(2), 83–98.

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press). 68-69.

Kemenkop. (2020). Sebanyak 37.000 Pelaku UMKM Terdampak Wabah Virus Corona. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/sebanyak-37000-pelaku-umkm-terdampak-wabah-virus-corona

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1251–1259. https://doi.org/10.1002/pola.21914

Nazah, I. S., Hartati, T., & Siambaton, E. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Epigram, 14(1). https://doi.org/10.32722/epi.v14i1.958

Oetama, S. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Motor Honda di Sampit. Jurnal EMBA, 1(4), 71–80.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).

Putra, I. K., Santoso, I., & Ikasari, D. M. (2012). Analisis Pengaruh Variabel Marketing Mix terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Cuka Apel Tahesta (Studi Kasus di PT Tirta Sarana Sukses, Pandaan). Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang, 2(2), 1–18.

Rahmiati, D., & Baktiono, A. (2015). Pengaruh Daya Saing Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Kaleng (Sardines) Merek Maya. E -Jurnal Manajemen Kinerja, 1(2), 111–123.

Rakhman, F. (2018). Pengaruh People , Process dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Mahas iswa Memilih STIBANKS Al Ma ’ so em ( Tahun Akademik 2017 / 2018 ). 10–22.

Sara, F. M., Sara, F. M., Ningsih, C., Andari, R., Katering, M. I., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (2017). Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Café Infinito Culinery Bandung. Gastronomy Tourism Journal, 3(2), 6–18.

Sembiring, Y. B., Rengkung, L. R., & Loho, A. E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Dunkin Donuts Jalan Sam Ratulangi Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 15(1). https://doi.org/10.35791/agrsosek.15.1.2019.23374

Sobur, S. (2019). Analisi Korelasi dan Regresi Linier Sederhana. 1–64.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. In K-Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 81-84.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:CV. Alfabeta. p. 206.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta: Bandung.

Utomo, L. P., & Maskan, M. (2017). Pengaruh People Dan Physical Evidence Terhadap. Jurnal Aplikasi Bisnis, 37–41.

Wardani, D. A. (2020). Strategi Penjualan Online Bagi Pelaku Usaha Pasca Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pemetaan Perubahan perilaku Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 43(1), 131. https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf%0Ahttps://www.economist.com/special-report/2020/02/06/china-is-making-substantial-investment-in-ports-and-pipelines-worldwide%0Ahttp://

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2010). Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Wijaya, A. V., & Siswanto, C. (2013). Analisis Pengaruh People, Physical Evidence, dan Product Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Comedy Kopi Surabaya Town Square (SUTOS). Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(1).

Downloads

Published

2022-07-12

Issue

Section

Articles