Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Di Durian Runtuh Nadhira Napoleon Pekanbaru

Mozhalita Desta Fitri, Fajar Restuhadi, Deby Kurnia

Abstract


Durian Collapse tries to increase customer satisfaction with a marketing mix strategy. Customers are satisfied if Durian Collapsed's performance is higher or equal to the customer's interests. This study aims to analyze the level of consumer satisfaction, and analyze the efforts made to increase consumer satisfaction at Durian Runtuh. The research was conducted at Durian Runtuh Nadhira Napoleon at Jalan Jendral Sudirman, Simpang Tiga, Pekanbaru City. Selection of samples using convenience sampling method, with a total sample of 95 respondents. Data analysis used is the Customer Satisfaction Index (CSI), and Importance Performance Analysis (IPA). The results showed that based on the Customer Statistics Index (CSI), consumers were satisfied with a score of 80.00% on Durian Runtuh's performance. Efforts made to meet consumer satisfaction are by increasing the attributes of affordable prices, prices with other competitors, promotions by giving discounts, and various promotional media.


Keywords


interest, performance, customer satisfaction

References


Abdullah dan Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. PT.Raja Grafindo. Persada. Jakarta.

Adiputra, E. 2015. Perilaku pembelian tidak terencana (impulse buying) di pusat pebelanjaan modern di Surabaya. An-nisbah. Vol 01. No. 02. Hal. 155-179.

Agromedia.2011. Bertanam Jeruk di dalam Pot dan Kebun. PT. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Aritonang,I. 2015. Gizi Ibu dan Anak. LeutikaPrio. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Indonesia 2021. BPS Indonesia. Indonesia.

Badan Pusat Statistik.2021. Kabupaten Lima Puluh Kota Dalam Angka. BPS Kabupaten Lima Puluh Kota. Kabupaten Lima Puluh Kota.

Badan Pusat Statistik. 2022. Sumatera Barat Dalam Angka 2022. Sumatera Barat. Sumatera Barat.

Fuadatinnisa’, B. 2018. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk buah jeruk agrowisata petik jeruk Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Skripsi universitas Brawijaya. 1-65.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Lemeshow. 1997. Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. UGM. Yogyakarta.

Ma’rifa,A. 2021. Pengaruh pendapatan dan harga terhadap keputusan pembelian dengan gaya hidup sebagai variabel moderator. Skripsi 1-84.

Njoto, Tommy Kurniawan. 2016. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Oraguhci G. 2021. Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Bareh Rendang Erina di Kota Payakumbuh. Skripsi 1-52.

Safiq, F. A., & Fatmawati, E. W. 2018. Analisis Kepuasan Konsumen Sari Buah Belimbing Manis (Arverrhoa Carambola L.). Jurnal Viabel Pertanian , Vol.12 No.2 Hal 20-31.

Sucipta, N. (2017). Pengemasan Pangan, Udayana University Press. Denpasar.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Penerbit Andi. Banten.

Sukma D, C. 2019. Hubungan pengetahuan dan sikap dakam memilih makanan jajanan dengan obesitas pada remaja di SMPN 2 Brebes. Artikel penelitian. Universitas Diponegoro. Semarang.

Sunarto dan Kartika, E,Z., 2017. Pemasaran Produk Agribisnis. Jakarta Selatan. Pusat Pendidikan Pertanian.

Tolan, M. S., Frendy, A.O.P dan Aneke Y. P. 2021. Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di online shop Mita (Studi pada masyarakat Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity. Vol 2. No. 5. Hal.360-364.

Umar, H. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.