Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Usahatani Padi di Kabupaten Ponorogo – Jawa Timur

Alfi Inayati, Suhartini Suhartini, Condro Puspo Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan finansial dan ekonomi usahatani padi di Kabupaten Ponorogo, menganalisis keunggulan komparatif dan kompetitif usahatani padi di Kabupaten Ponorogo, menganalisis tingkat sensitivitas keunggulan komparatif dan kompetitif usahatani padi terhadap penurunan jumlah output, kenaikan harga input berupa pupuk anorganik dan perubahan nilai tukar rupiah. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Sedangkan penentuan sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan melakukan wawancara terhadap 33 responden. Metode analisis data yang digunakan yakni analisis finansial dan ekonomi, DRC (Domestic Resource Cost), PCR (Privat Cost Ratio) dan analisis sensitivitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa, usahatani padi di Kabupaten Ponorogo menguntungkan secara finansial dan ekonomi, dengan perolehan pendapatan usahatani secara finansial sebesar Rp 14.142.433,-/hektar/musim tanam dan pendapatan usahatani secara ekonomi sebesar Rp 25.436.281,-/hektar/musim tanam. Usahatani padi di Kabupaten Ponorogo memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif, yang dibuktikan dari nilai DRCR dan PCR kurang dari satu yakni berturut-turut sebesar 0,474 dan 0,596, yang berarti bahwa penggunaan biaya sumberdaya domestik dalam usahatani padi di Kabupaten Ponorogo telah efisien baik secara ekonomi maupun finansial. Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa tingkat keunggulan komparatif dan kompetitif usahatani padi di Kabupaten Ponorogo memiliki kepekaan terhadap peningkatan jumlah output, kenaikan harga input berupa pupuk anorganik dan perubahan nilai tukar rupiah.


Keywords


analisis finansial dan ekonomi, daya saing, DRC, PCR

Full Text:

PDF

References


Azh, A. Fazlur dan Suhartini. 2016. Analisis Keunggulan Komparatif Usahatani Tebu (Studi di Desa Wates, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang). Jurnal Habitat, Volume 27, No. 1.

Badan Pusat Statistika (BPS). 2019. Konversi Gabah ke Beras Tahun 2018. Jakarta: PT Citra Mawana Patamaro.

_______________________. 2019. Buletin Statistik Perdagangan Luar Negeri Ekspor Desember 2019. Jakarta: CV. Citra Mawana Patamaro.

_______________________. 2019. Buletin Statistik Perdagangan Luar Negeri Impor Desember 2019. Jakarta: CV. Petratama Persada.

Darwis, V. dan Saptana. 2010. Rekonstruksi Kelembagaan dan Uji Teknologi Pemupukan : Kebijakan Strategis Mengatasi Kelangkaan Pupuk. Analisis Kebijakan Pertanian. Volume 8 No. 2.

Pearson, S., C. Gotsch, dan S. Bahri. 2005. Aplikasi Policy Analysis Matrix Pada Pertanian Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pratama, Aditya. 2016. Daya Saing, Profitabilitas dan Efisiensi Usahatani Padi di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur). Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Pudjosumarto, Muljadi. 1998. Evaluasi Proyek. Edisi kedua. Yogyakarta: Liberty.

Saptana. 2010. Tinjauan Konseptual Mikro-Makro Daya Saing Dan Strategi Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 28 No. 1.

Septarisco, Y. K. N. Justra dan T. M. Prihtanti. 2019. Daya Saing Usaha Tani Padi di Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Menggunakan Metode PAM (Policy Analysis Matrix). Agrineca, Vol 19 No. 1.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: UI Press.

World Economic Forum (WEF). 2019. The Global Competitiveness Report.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.