Strategi Pengembangan Usaha Mie Instan Probiotik dengan Metode Balanced Scorecard dan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus pada UMKM Noodleku, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang)

Firsta Koesdyah Mekasari, Dina Novia Priminingtyas

Abstract


Meningkatnya jumlah pesaing menyebabkan UMKM Noodleku seakan terjebak dalam kondisi persaingan yang sangat kompetitif karena kompetisi pasar. Minimnya inovasi dalam hal manajerial produksi dan operasi membuat strategi yang diterapkan perusahaan menjadi tidak relevan lagi dengan kondisi yang ada. Oleh karena itu, diperlukan penelitian ini untuk melihat kondisi kinerja perusahaan. Tujuan dilakukan peneliian ini adalah untuk 1) Mengetahui kinerja produksi mie instan probiotik “Noodleku” pada UMKM Noodleku dengan metode Balanced Scorecard ; 2) Merumuskan rancangan strategi pengembangan untuk produk mie instan probiotik “Noodleku” pada UMKM Noodleku dengan metode Blue Ocean Strategy. Kinerja UMKM Noodleku dilihat dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sedangkan rekomendasi strategi berdasarkan hasil penelitian yaitu produsen perlu fokus terhadap faktor rasa, desain kemasan dan merek sehingga dapat diproduksi mie instan probiotik yang berkualitas dan berbeda dengan mie instan lainnya.


Keywords


strategi pengembangan, balanced scorecard, blue ocean strategy, mie instan probiotik, UMKM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.04.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.